Home » » Tumbuhkan Minat Baca, Pustardokda Tanbu Gelar Lomba Bercerita

Tumbuhkan Minat Baca, Pustardokda Tanbu Gelar Lomba Bercerita

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 12 Maret 2014 | 15.29

BATULICIN – Guna menumbuhkan minat dan budaya baca masyarakat, khususnya kalangan pelajar, Kantor Perpustakaan Dokumentasi dan Arsip Daerah Kabupaten Tanah Bumbu (Pustardokda Kab. Tanbu) melaksanakan Lomba Bercerita dan Mengarang Cerita Pendek tingkat Pelajar.

Lomba bercerita dan mengarang cerpen yang diikuti oleh perwakilan pelajar tingkat SD, SLTP, dan SLTA se-Kabupaten Tanah Bumbu tersebut dibuka langsung oleh Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Tanbu Bidang Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia, Fadliansyah Akbar, Rabu (5/3/2014) di Aula SMA 1 Simpang Empat.

Kepala Kantor Pustardokda Tanbu, Ardiansyah, mengatakan kegiatan lomba bercerita dan mengarang cerita pendek dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Tanah Bumbu yang ke 11 serta untuk meningkatkan minat baca dikalangan pelajar.

"untuk dapat bercerita tentunya kita harus banyak-banyak membaca. Dengan membaca tentunya akan dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan kita. Untuk itulah maka Pustardokda Tanbu perlu mengadakan lomba bercerita agar minat baca dikalangan pelajar dapat terus meningkat," kata Ardiansyah.

Terkait materi yang dilombakan, dikatakan Ardiansyah, pihaknya mewajibkan para peserta untuk menceritakan cerita tentang pahlawan nasional asal Kalimantan Selatan.

Tujuan dari menceritakan kehebatan perjuangan para pahlawan tersebut agar masyarakat khususnya para pelajar dapat mengambil hikmah dari perjuangan para pehlawan dalam membela Tanah Air dan memajukan daerah dan Negara.

Selain itu, akhlak, semangat dan budi pekerti pahlawan juga bisa dijadikan pegangan dan panutan bagi para pelajar kelak.

Sementara itu, Bupati Tanbu Mardani H Maming dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bupati Tanbu Bidang Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia, Fadliansyah Akbar mengatakan menyambut baik dengan digelarnya lomba bercerita dan mengarang cerita pendek yang dilaksanakan oleh Pustardokda Tanbu. Diharapkan dengan lomba bercerita tersebut dapat melestarikan nilai-nilai budaya baca dikalangan pelajar serta dapat mengenalkan pahlawan-pahlawan asal Kalimantan Selatan.

Selain itu pula, kata Fadliansyah, dengan lomba tersebut tentunya dapat menjadi media bagi para pelajar untuk berkompetisi dan berprestasi.

"mari kita terus berkompetisi dan meningkatkan kemampuan serta berprestasi. Tunjukan bahwa anak-anak dan generasi muda Kabupaten Tanah Bumbu merupakan anak-anak yang cerdas dan berprestasi dan mampu bersaing dengan daerah lain," Kata Fadliansyah Akbar, seraya mengatakan pemenang lomba bercerita tingkat Kabupaten Tanah Bumbu ini akan diikutkan pula pada lomba serupa ditingkat Propinsi hingga Nasional.

Adapun lomba bercerita dan mengarang cerpen  dilaksanakan selama 3 (tiga) hari yaitu tanggal 5 – 7 Maret 2014 yang diikuti oleh perwakilan pelajar tingkat SD, SLTP, dan SLTA se-Kabupaten Tanah Bumbu. Dengan Juri lomba berasal dari Bapustarda Propinsi Kalsel  Novran, Ali Syarifudin Arsi dari Komunitas Sastra Indonesia (KSI) Propinsi Kalimantan Selatan, dan Andi Jamaludin dari KSI Kab. Tanbu.

Untuk pemenang lomba juara 1 mendapatkan hadiah berupa uang sebesar Rp. 2.500.000, juara II Rp. 2.000.000, Juara III Rp. 1.500.000. (Relhum)

Ket :

Foto 1. Kepala Kantor Pusardokda Tanbu Ardiansyah saat membacakan sambutan pada saat pembukaan lomba bercerita dan mengarang cerpen dalam rangka HUT Tanbu ke 11 dan menumbuhkan minat baca dikalangan pelajar.

Foto 2. Salah satu peserta lomba bercerita.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved