Home » » ADVERTORIAL Bayan Sari Jadi Desa Percontohan Tingkat Provinsi

ADVERTORIAL Bayan Sari Jadi Desa Percontohan Tingkat Provinsi

Written By Fokus Batulicin on Jumat, 18 April 2014 | 09.57


BATULICIN- Desa Bayan Sari Kecamatan Angsana menjadi salah satu desa di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) sebagai desa percontohan.

Ditetapkannya Desa Bayan Sari menjadi desa percontohan tingkat Kalsel itu setelah sebelumnya desa eks permukiman transmigrasi tersebut menjadi terbaik kedua Lomba Desa Percontohan tingkat Provinsi Kalsel yang digelar pada tahun 2013 yang lalu.

Prestasi Desa Bayan Sari itu tidak terlepas dari upaya kerja keras yang dilakukan oleh pemerintah daerah serta adanya dukungan penuh dari jajaran TP PKK Tanbu, yang tersinergi pula dengan seluruh komponen yang ada di desa setempat.

"Prestasi ini harus mendapat apresiasi dari kita semua. Dan saya berharap, dengan prestasi yang sudah ditorehkan oleh Desa Bayan Sari itu bisa menjadi contoh dan motivasi bagi desa-desa lain di Tanah Bumbu untuk terus berbenah, bekerja keras, dan lebih meningkatkan kebersamaan dan kegotongroyongan dalam membangun desa ," kata Bupati Tanbu Mardani H.Maming, kemarin.

Dikatakannya, Desa Bayan Sari hanya satu dari 144 desa di Bumi Bersujud yang mempunyai potensi besar dibidang pembangunan perdesaan dan pemberdayaan masyarakat perdesaan. Masih banyak desa lain di Tanbu yang juga mempunyai banyak potensi dan harus terus dibina sehingga mampu berprestasi, baik ditingkat kabupaten, provinsi maupun tingkat nasional.

Pembinaan dan pengembangan potensi desa idealnya tidak hanya dilakukan kepada desa-desa yang mewakili Tanbu dalam ajang kompetisi desa saja, namun harus dilakukan kepada seluruh desa yang ada di Tanbu. Dengan begitu, kamajuan dan dinamika pembangunan satu desa dengan desa lainnya dapat bersinergi. Atau dengan kata lain sebutnya, semua komponen daerah dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga tingkat desa harus mempunyai komitmen yang sama untuk memajukan desa demi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Membangun desa-desa di Tanah Bumbu agar maju dan sejahtera adalah tanggungjawab kita semua, tanggungjawab semua komponen yang ada di Bumi Bersujud. Oleh sebab itu, mari kita satukan visi, misi, semangat dan komitmen untuk bekerja keras dan mengedepankan semangat kegotongroyongan demi kemajuan desa kita dan kesejahteraan masyarakat kita", pesan Mardani.

Prosesi penyerahan hadiah Lomba Desa Percontohan yang diraih Desa Bayan Sari secara langsung dilakukan oleh Ketua PKK  Tanbu, Hj Erwinda Mardani bersama jajaranya kepada Ketua PKK Desa Bayan Sari, Partinah pada saat pembinaan rutin PKK di Desa Bayan Sari, Senin (14/4) kemarin.

"Prestasi ini harus kita syukuri bersama. Dari 13 Kabupaten/kota di Kalsel, Tanah Bumbu yang diwakili  Desa Bayan Sari berhasil menjadi terbaik kedua," kata Erwinda.


Senada dengan Bupati, Ketua TP PKK Tanbu juga berharap, keberhasilan Desa Bayan Sari menjadi terbaik ke dua Lomba Desa Percontohan tingkat Provinsi Kalsel  harus mampu menjadi motivasi dan dorongan bagi desa-desa lain di Tanbu untuk lebih bekerja keras dalam membangun wilayahnya juga kesejahteraan masyarakat setempat. 

"Saya yakin dengan komitmen dan semangat kebersamaan yang ada di desa, semua desa di Tanah Bumbu bisa maju, dan masyarakatnya bisa sejahtera", tukas Erwinda.

Sementara itu untuk diketahui, terbaik pertama lomba desa percontohan tingkat Provinsi Kalsel tahun 2013 tersebut diraih Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), terbaik ketiga Kabupaten Banjar, terbaik keempat Kabupaten Tapin, dan terbaik lima diraih oleh Kabupaten Tabalong. Kepada masing-masing pemenang panitia lomba dari Provinsi Kalsel memberikan hadiah berupa tiga buah hand sprayer gendong, tiga buah hand sprayer 14 liter, 10 buah sabit bergerigi, lima buah cangkul, dan 10 gram bibit cabe. 

Penilaian lomba sendiri dilakukan oleh tim penilai dengan melihat indikator implementasi program atau kegiatan Posyandu, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Bina Keluarga Balita (BKB), pemanfaatan lahan pekarangan, dan sistem administrasi desa yang sudah dilaksanakan oleh desa. (Adv/Relhum)

Ket foto : Ketua PKK  Tanbu, Hj Erwinda Mardani (sebelah kanan pakai baju biru) menyerahkan hadiah lomba desa percontohan kepada Ketua PKK Desa Bayan Sari, Partinah pada saat pembinaan rutin PKK di Desa Bayan Sari, belum lama tadi.


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved