Home » » ‎ADVERTORIAL Mardani : Semangat Kegotongroyongan Harus Digelorakan

‎ADVERTORIAL Mardani : Semangat Kegotongroyongan Harus Digelorakan

Written By Fokus Batulicin on Jumat, 18 April 2014 | 09.55



BATULICIN - Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) Mardani H. Maming mengatakan, saat ini semangat dan jiwa kegotongroyongan warga masyarakat mulai pudar. 

Terbukti, fakta yang ada selalu menunjukkan sedikit sekali warga yang melibatkan diri dalam kegiatan gotong-royong yang dilaksanakan disejumlah desa. Bahkan di lingkup Rukun Tetangga (RT) saja, partisipasi warga masih sangat rendah.

"Inilah yang kemudian menjadi dasar saya untuk kembali membangkitkan semangat kegotongroyongan masyarakat, sehingga bisa kembali menggelora seperti era-era orang tua kita dahulu. Dan saya berharap kegiatan serupa bisa kembali dibumikan di seluruh wilayah baik di perdesaan maupun di perkotaan di Bumi Bersujud tak hanya dalam wilayah Kecamatan Kusan Hilir", tegas Mardani, disela-sela kegiatan gotong-royong membersihkan jalan lingkungan permukiman pendudukan dan drainase yang dipeloporinya di Desa Pasar Baru dan Kelurahan Kota Pagatan Kecamatan Kusan Hilir, Selasa (18/3) lalu.

Melihat fakta itulah, Mardani menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Bumi Bersujud agar kembali menggerakkan hati masing-masing untuk secara bersama-sama berkomitmen membangun semangat gotong-royong dalam rangka menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan tempat tinggal masing-masing.

"Semangat gotong-royong tak hanya menyentuh kegiatan kerja bhakti membersihkan drainase, jalan lingkungan dan kegiatan sejenisnya, namun kegiatan gotong-royong juga terimplementasikan dalam kegiatan ronda malam, rukun kematian, turut membantu ketika ada warga yang sedang menggelar hajat atau sakit, serta kegiatan serupa lainnya", katanya.

Ditambahkannya, ia berkomitmen untuk terus menerus menggelorakan semangat kegotongroyongan di Tanbu. Sehingga kedepan, semangat itu bisa tertanam kuat di masyarakat.

"Oleh karena itu, saya meminta semua kita bisa berpatisipasi, melibatkan diri dan mendukung program ini, baik di jajaran pemerintah daerah, instansi vertikal, masyarakat, lembaga pendidikan, dan komponen daerah yang ada di Tanah Bumbu", paparnya, seraya menambahkan, camat berserta jajaran, aparat desa, hingga aparat RT harus mampu menjadi pioner dan ujung tombak dari program gotong royong ini.

Selama ini imbuhnya lagi, masih banyak warga yang berpikiran kalau menjaga kebersihan jalan lingkungan dan drainase menjadi tanggung jawab pemerintah daerah. Sehingga meskipun banyak dainase yang tersumbat akibat sampah dan limbah rumah tangga warga setempat, warga enggan untuk membersihkan. 

"Paradigma ini harus dirubah, karena hakikatnya menjaga kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab kita bersama", tegasnya. 

Dari kegiatan gotong-royong yang dilaksanakan Bupati Mardani H. Maming dan warga itu, setidaknya dalam dua pekan terakhir sudah ada empat desa di Kecamatan Kusan Hilir yang menjadi objek kegiatan, empat desa itu yakni, Desa Batuah, Desa Pasar Baru, Desa Jukueja dan Kelurahan Kota Pagatan. (Adv/Relhum)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved