Home » » ADVERTORIAL: Tanbu Kembali Meraih Penghargaan LAKIP

ADVERTORIAL: Tanbu Kembali Meraih Penghargaan LAKIP

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 01 April 2014 | 21.00

- Nilai evaluasi naik

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) kembali menerima penghargaan Laporan Akuntabiltas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan dan RB RI).

Sebelumnya pada tahun 2013 yang lalu, Pemkab Tanbu juga berhasil meraih penghargaan yang sama untuk penilaian LAKIP tahun 2012. Dan penghargaan keduakalinya ini merupakan penilaian LAKIP yang dilakukan Kemenpan dan RB tahun 2013 lalu.

"Dengan penghargaan LAKIP dua tahun berturut-turut, sudah barang tentu hal ini merupakan prestasi yang harus kita syukuri bersama. Dan saya harap, dengan prestasi itu mampu menjadikan kita semua dari jajaran Pemkab Tanah Bumbu untuk lebih bekerja keras dan professional dalam menjalankan fungsi dan perannya sebagai pelayan publik", pesan Bupati Tanbu Mardani H. Maming.

Ditambahkan Mardani, dengan penghargaan yang berhasil tertorehkan tersebut, kedepan ia mengharapkan akan ada progres kemajuan yang terus menanjak.

Di mana hal itu dapat dilihat tren yang sudah ada, yakni pada penilaian LAKIP tahun 2012 Tanbu berhasil mendapatkan predikat CC dengan nilai 50,02 dan pada penilaian tahun 2013 naik predikat dengan penilaian CC dengan nilai 50, 27, atau naik 0,25 persen.

Sementara Kabag Organisasi Setda M. Yusri, selain Tanbu, dari 13 kabupaten/kota yang ada di Kalsel ada tujuh kabupaten yang mendapat penghargaan LAKIP 2013 dengan predikat CC.  Untuk Tanbu sendiri, dalam penilaian LAKIP tahun 2013 yang dilakukan oleh Kemenpan dan RB berhasil mendongkrak poin indikator penilaian 0,25 persen dari hasil indicator penilaian tahun sebelumnya.

Sistem penilaian LAKIP pada dasarnya dilakukan atas 27 sasaran strategis yang harus dicapai pemerintah daerah berdasarkan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah), sambung Yusri.

Dari hasil pengukuran27 sasaran strategis  itulah pada akhirnya diperoleh capaian kinerja rata-rata sehingga Pemkab Tanbu layak dinyatakan masuk kategori berhasil.

Atau dengan kata lain, perbandingan antara target program yang hendak dicapai dan realisasi indikator sasaran kinerja Pemkab Tanbu menunjukkan korelasi dan sinergisitas yang baik, oleh sebab itulah dari penilaian yang dilakukan oleh Kemenpan dan Reformasi Birokrasi, Pemkab Tanbu dinyatakan berhasil.

"Peningkatan  persentase indikator penilaian tersebut setidaknya menjadi tanda meningkatnya progres pengelolaan laporan akuntabilitas kinerja jajaran Pemkab Tanah Bumbu.

Atau dengan kata lain, progress capaian realisasi program dari tahun ke tahun mengalami peningkatan kualitas .

Karenanya ini harus kita pertahankan dan kita tingkatkan bersama sehingga pada masa-masa yang akan datang akan lebih meningkat lagi", kata Yusri.

Oleh karenanya, ia berharap masing-masing SKPD yang ada harus mampu mendorong peningkatan kualitas kinerja birokrasi di jajaran masing-masing, dengan indikator semakin membaiknya kualitas pelayanan publik.

Dengan demikian, nantinya progres capaian kinerja masing-masing SKPD  menjadi out put kolektif dari peningakatan kualitas akuntabilitas kinerja pemerintah daerah.

Dari progres pengelolaan akuntabilitas kinerja jajaran pemerintah daerah yang terimplementasi melalui pengelolaan sistem brokrasi yang akuntabel sambungnya, menunjukan adanya keselarasan antara Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dengan proyeksi Rencana Strategis (Renstra) Daerah  yang dilaksanakan oleh seluruh instansi Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Pemkab  Tanbu. (Adv/relhum)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved