Home » » Mappanretasi Meriah, Pesta Dari Rakyat Untuk Rakyat

Mappanretasi Meriah, Pesta Dari Rakyat Untuk Rakyat

Written By Fokus Batulicin on Sabtu, 26 April 2014 | 19.57

Menjelang  pelaksanan even budaya pesta adat Mappanretasi yang akan berlangsung 27 April 2014, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu berencana memeriahkannya dengan beragam acara hiburan rakyat.

Selain itu, untuk lebih memaknai acara pesta adat masyarakat nelayan Bugis Pagatan itu, dalam rangkaian acara Pemda juga akan menggelar kegiatan ceramah agama dengan menghadirkan Ustadz Arifin Ilham dari Jakarta dan Ustadz Syech Assegaf dari Solo.

Rangkaian kegiatan hiburan rakyat dan ceramah agama tersebut, jika tak ada aral rintangan juga akan menampilkan sejumlah artis dari Jakarta. Rangkaian kegiatan hiburan rakyat dan ceramah agama itu dijadwalkan akan berlangsung selama 16 hari berturut-turut mulai tanggal 12 hingga tanggal 27 April 2014 bertempat di lokasi obyek wisata Pantai Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir.

"Tidak hanya itu, kami juga akan menggelar pesta kembang api, pentas seni musik akustik, musikalisasi puisi, penampilan duta wisata, dan parade kemilau budaya Bersujud," kata Kepala Bagian Humas Setda, Tato A.Setyawan,  Selasa  (25/3) kemarin.

Di bagian lain Tato mengungkapkan, Pemda dari tahun ke tahun bersama masyarakat adat Bugis Pagatan selalu terus melakukan evaluasi dan perbaikan dalam penyelenggaraan pesta adat Mappanretasi. Hal ini dimaksudkan agar formulasi kemasan dari rangkaian pesta adat yang juga menjadi salah satu aset budaya daerah tersebut mampu menjadi daya tarik wisata baik lokal, domestik maupun dari mancanegara.

Menurut Tato, sebagai aset budaya daerah, pesta adat Mappanretasi harus mampu menjadi tujuan pariwisata unggulan bagi Tanah Bumbu sekaligus menjadi magnet bagi wisatawan untuk mengunjungi Pagatan ketika even budaya masyarakat nelayan Bugis Pagatan berlangsung. Dengan kunjungan itu setidaknya Tanah Bumbu bisa dikenal secara luas lagi oleh masyarakat luar Tanah Bumbu pada khususnya dan Kalimantan Selatan pada umumnya, bahkan bagi masyarakat luar Kalimantan Selatan. 

Beragam langkah pembenahan sudah dilakukan Pemda dalam menyiapkan Pantai Pagatan dengan Mappanretasinya sebagai tujuan pariwisata unggulan di Bumi Bersujud. Salah satunya sebut Tato lagi, dengan dibangunnya sejumlah sarana dan prasarana penunjang kegiatan termasuk menyediakan sarana dan prasarana publik berupa Ruang Terbuka Hijau (RTH), serta sejumlah sarana penunjang bagi kenyamanan pengunjung.
Selain itu, untuk menunjang pelaksanaan Mappanretasui tahun ini, Pemda juga sudah melakukan pembenahan dan rehabilasi ruas jalan pusat Kota Pagatan.

Tampilan band musik dan artis ibukota yang akan mewarnai kemeriahan pesta adat Mappanretasi antara lain Nabila Gomez, Intan Sariyem, Trio Macan, Papat Band, Bela Sofie/Ozie Saputra, Wali Band, Duo Virgin, V-Trio, dan Kotak  Band.
Ada juga tampilan Musik Makkacapi dan ceramah keagamaan yang rencananya dibawakan oleh ustadz  Arifin Ilham dan Syech Assegaf Solo.
Mengawali pembukaan acara Mappanretasi pada tanggal 12 April 2014 rencananya ditandai dengan pembukaan pameran hasil pembangunan daerah, pesta kembang api, dan penampilan artis ibukota Nabila Gomes.

Berikutnya tanggal 13 April disusul dengan penampilan artis dangdut Intan Sariyem dan pada tanggal 14 April akan diisi penampilan artis dangdut New Trio Macan.
Selanjutnya tanggal 15 April acara akan diselingi pentas seni musik Akustik dan musikalisasi puisi serta lagu-lagu antar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang terkemas dalam bentuk acara "Singing of SKPD".

Kemudian tanggal 16 April akan diisi hiburan Papat Band dan Grand Final Duta Wisata Tanah Bumbu dan hari berikutnya 17 April akan diisi dengan acara ceramah keagamaan oleh Ustadz Arifin Ilham.

Tanggal 18 April akan tampil artis ibukota Bela Sofie /Ozie Saputra, tanggal 19 April wali Band, 20 April Parade Budaya Daerah, 21 April Duo Virgin, 22 April Parade Band Tanah Bumbu, 23 April V-Trio, dan 24 April akan diisi acara ceramah agama lagi oleh ustadz Syech Assegaf Solo.
Sedangkan Musik Makkacapi rencananya ditampilkan pada 25 April 2014. Hari berikutnya 26 april dilaksanakan pesta kembang api lagi sekaligus tampilan dari Kotak Band dan yang terakhir  27 April 2014 akan dilaksanakan ritual adat Mappanretasi dan Parade Kemilau Budaya Bersujud.  (Tas)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved