Home » » ADVERTORIAL : Tanbu Tuan Rumah Rakor Penyusunan Program Perpustakaan Kalsel

ADVERTORIAL : Tanbu Tuan Rumah Rakor Penyusunan Program Perpustakaan Kalsel

Written By Fokus Batulicin on Minggu, 18 Mei 2014 | 13.36


BATULICIN – Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) mendapat penghargaan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) sebagai tuan rumah pelaksanaan Rapat Koordinasi (Rakor) Bidang Perpustakaan dan Kearsipan Daerah se- Provinsi Kalsel.

Rakor yang digelar oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Kalsel tersebut berlangsung selama tiga hari di Hotel Puteri Duyung, Kecamatan Kusan Hilir belum lama tadi.

Bupati Tanbu Mardani H. Maming pun memberikan apresiasi yang besar dengan ditunjuknya Tanbu sebagai tuan rumah rakor Bidang Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalsel tersebut.

Menurutnya, dengan ditunjuknya Tanbu sebagai tuan rumah, nantinya harus menjadi motivasi bagi SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di jajaran Pemkab Tanbu khususnya Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Daerah (Pustardokda) agar lebih meningkatkan kinerjanya dalam mengelola perpustakaan, arsip dan dokumentasi daerah.

"Ini harus menjadi motivasi dan spirit bagi jajaran Pemkab Tanah Bumbu, karena arsip dan dokumentasi daerah itu sangat penting sekali sebagai referensi bagi kita dan banyak pihak yang membutuhkan data dan informasi penting daerah kita", ujar Mardani meraya mengatakan, keberadaan perpustakaan kedepanya lebih mampu menjadi pusat informasi daerah dalam  meningkatkan potensi pembangunan daerah.

Beragam arsip penting dari seluruh SKPD baik dalam bentuk file, foto, maupun video yang tersimpan di Kantor Pustardokda harus terkelola dengan baik agar saat dibutuhkan mudah  ditemukan.

Kepala Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Daerah(Pustardokda) Tanbu, Ardiansyah menyebutkan, pelaksanaan rakor di ikuti para Kepala  Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten/kota se-Provinsi Kalsel dan staf perpustakaan dan kearsipan tersebut digelar dalam rangka singkronisasi program kerja perpustakaan dan kearsipan daerah yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 7 – 9 Mei 2014 bertempat di hotel Putri Duyung Pagatan.

Ardiansyah menambahkan, rakor penyusunan program keperpustakaan merupakan salah satu bentuk kegiatan tahunan Kantor Pustardokda se Kalsel. Di mana dengan pelaksanaan rakor itu diharapkan dapat menghasilkan rancangan program kerja yang lebih bermanfaat bagi kemajuan pembangunan pada masing-masing daerah.

Untuk Kantor Pustardokda Tanbu sendiri ungkapnya, pihaknya sudah merealisasikan berbagai program pembinaan terkait bidang perpustakaan yang salah satu target programnya diarahkan bagi upaya menumbuhkan dan meningkatkan minat baca masyarakat di Bumi Bersujud khususnya yang ada di wilayah perdesaan.

Pembinaan itu diantaranya berupa pelatihan kearsipan secara rutin, pelaksanaan program perpustakaan keliling, pemberian pelayanan terhadap perpustakaan sekolah, dan perpustakaan desa hingga tahap perencanaan pembangunan gedung perpustakaan tingkat kabupaten yang lebih refresentatif.

"Selain itu, kami juga telah pula melaksanakan kegiatan lomba bercerita dan mengarang dengan peserta siswa tingkat SD,SLTP,SLTA, dan sederajat. Yang mana kegiatan tersebut juga diarahkan untuk meningkatkan minat baca dikalangan pelajar di Tanah Bumbu", kata Ardiansyah.

Termasuk kegiatan program story telling bagi anak-anak TK, sosialisasi proram melalui iklan di radio, pembuatan baliho dan famplet, mengikuti pameran pembangunan, kegiatan bedah buku, dan menggelar lomba perpustakaan dari masing-masing sekolah.

Sekadar diketahui jumlah perpustakaan di Tanbu saat ini ada sebanyak 142 buah. 14 buah diantaranya adalah perpustakaan desa, 77 perpustakaan SD, 28 perpustakaan SLTP, 17 perpustakaan SLTA, tiga buah perpustakaan daerah, dan tiga buah lagi perpustakaan keliling.

Koleksi buku perpustakaan umum Kabupaten Tanbu telah mencapai  27.179 eksemplar dengan jumlah judul sekitar 16.946 judul. (Adv/relhum)


Keterangan :
Foto 1. Pejabat dan staf Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Daerah Kab. Tanbu foto bersama dengan Bupati Tanbu Mardani H Maming.

Foto 2. Pustardokda Tanbu terus berupaya meningkatkan minat baca siswa melalui perpustakaan sekolah. Salah satu langkah yang dilakukan yaitu dengan menambah buku bacaan dan meningkatkan fasilitas ruang baca yang refresentatif.



Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved