Home » » ADVETORIAL : Praja IPDN Laksanakan BKP di Tanbu

ADVETORIAL : Praja IPDN Laksanakan BKP di Tanbu

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 08 Mei 2014 | 09.46




BATULICINSebanyak 122 Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) melaksanakan Bhakti Karya Praja (BKP) di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu).
Kedatangan rombongan IPDN ke Bumi Bersujud yang dipimpin oleh Rektor IPDN DR. H. Suhajar Diantoro , M.Si dan Dekan IPDN DR. Sampara  Lukman, MA itu disambut oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tanbu, Drs. Said Akhmad, MM sendiri setelah sebelumnya telah disepakatinya nota kerja sama antara Pemkab Tanbu dan IPDN terkait dengan pembinaan aparatur pemerintahan desa. Kerja sama lainnya yang juga sudah terealisasi adalah diikutkannya Sekretaris Desa (Sekdes) Pemkab Tanbu dalam kegiatan diklat pengelolaan administrasi pemerintahan dan administrasi keuangan desa ke IPDN Jatinangor Jawa Barat.
Praja IPDN Angkatan XXI tahun akademik 2013 – 2014 itu sendiri akan melaksanakan kegiatan BKP di Tanbu selama 22 hari dari tanggal 5 Mei hingga 26 Mei 2014. Dalam melaksanakan kegiatan itu mereka akan ditempatkan di 12 desa yang ada di Tanbu.
Sekda Tanbu Said Akhmad mengatakan, Pemkab Tanbu dan segenap komponen daerah menyambut baik dan sangat mengapresiasi dilaksanakannya BKP oleh praja IPDN di Bumi Bersujud. Pasalnya sebut Sekda, kegiatan BKP yang dilakukan oleh 122 praja IPDN di Tanbu tersebut selain sebagai media untuk saling memperkokoh jalinan silaturahmi antara Pemkab Tanbu dengan IPDN, juga sebagai langkah strategis dalam upaya meningkatkan pengetahuan Wasan Praja IPDN melalui program pengabdian kepada masyarakat.
"Dan yang utama, dengan kegiatan itu nantinya akan juga memberikan dampak posistif bagi jajaran aparatur pemerintahan desa yang ada di Tanah Bumbu khususnya desa-desa yang kita tunjuk sebagai tuan rumah atau objek BKP, karena dalam kegiatan itu para praja juga akan memberikan pembelajaran dan membantu aparatur desa dalam mengelola administrasi pemerintahan desa," kata Sekda Said Akhmad saat membacakan sambutan tertulis Bupati Tanbu Mardani H Maming, Senin (5/5) di Mahligai Bersujud, Kecamatan Simpang Empat.
Ditambahkannya, program dan kegiatan BKP yang dilaksanakan praja IPDN sendiri terbagi menjadi tiga kegiatan pembinaan yakni meliputi kegiatan pembinaan bidang pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan.  Di mana target dari kerjasama tersebut yakni penguatan dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintah desa seperti pendampingan pembenahan administrasi, pendampingan pembenahan profil desa, pendampingan penyusunan monografi desa, pendampingan pengelolaan keuangan desa, pendampingan penyusunan program pembangunan desa, serta pendampingan penyusunan pelaporan penyelenggaraan pemerintahan desa.
"Secara khusus dengan kerja sama antara pemerintah daerah dengan IPDN melalui program Bhakti Karya Praja diharapkan dapat mewarnai elemen kerja pemerintah daerah khususnya dalam rangka melaksanakan perbaikan tata kelola pemerintahan desa untuk mencapat target program prioritas pembangunan nasional melalui reformasi birokrasi dengan tujuan terwujudnya tata kelola pemerintahan  yang baik, efektif, efesien, transparan, akuntabel, produktif, dan berkinerja tinggi", papar Sekda.
Sementara itu, Rektor IPDN DR. H. Suhajar Diantoro mengatakan dengan kerjasama yang sudah dikembangkan oleh pihaknya dengan Pemkab Tanbu, diharapkan dapat bermanfaat bagi peserta BKP untuk menambah pengetahuan dan menjadi media pembelajaran setelah nantinya berkiprah ditengah-tengah masyarakat sebagai pelayan publik, serta memberikan manfaatjuga bagi Pemkab Tanbu dalam upaya meningkatkan kualitas kinerja dan profesionalisme jajaran pemerintah daerah.
"Kami pikir ini adalah terobosan bersama, inovasi bersama dari kami dan Pemkab Tanah Bumbu. Untuk kami sendiri, praktik kerja lapangan ini adalah yang pertama kali dilakukan diluar pulau Jawa", katanya, seraya menambahkan, untuk kegiatan BKP tahun 2014 ini, di Tanbu IPDN mengirim sebanyak 100 Praja dan 22 pembimbing. (ADV/Relhum)


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved