Home » » BPMPD Tanbu  Gelar Seminar Tentang Desa

BPMPD Tanbu  Gelar Seminar Tentang Desa

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 28 Mei 2014 | 17.01

BATULICIN – Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Difriadi Darjat membuka seminar Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa sekaligus penutupan Bhakti Karya Paraja (BKP) di Kabupaten Tanah Bumbu yang dilaksanakan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Tanbu, Sabtu (24/5) di Mahligai Bersujud, Kapet, Batulicin. 

Seminar tersebut diikuti oleh Camat, Kepala Desa, serta Instansi Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dan ratusan praja IPDN.

Kabid Pemerintahan Desa, Badan Pemberdayaan dan Pemerintahan Desa Kab. Tanbu,  Ayatullah Chotim, SE mengatakan tujuan dari dilaksanakannya seminar tentang undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa tersebut agar para kepala desa serta perangkat pemerintahan didesa dapat mengetahui adanya peraturan terbaru tentang pemerintahan desa.

Kegiatan seminar ini pula, kata Ayatullah, merupakan salah satu  rangkaian kegiatan dari Bhakti Karya Praja (BKP) Wasana Praja angkatan ke XXI di Kabupaten Tanah Bumbu selama 22 hari.

"Seminar ini merupakan bagian dari kegiatan dari Praja IPDN di Tanbu. Yang salah satunya yaitu mengadakan kegiatan seminar bagi kepala desa," kata Ayatullah Chotim seraya mengatakan kegiatan lainnya yang dilaksanakan pada BKP tersebut seperti pemberian program umum, kegiatan social kemasyarakatan, serta kegiatan senam bersama.

Terkait tentang seminar tersebut, kata Ayatullah Chotim, materi yang disampaikan tersebut meliputi tentang undang-undang desa yang baru, PATEN, dan ASN.

Diundang-undang desa terbaru tersebut, kata Ayatullah, terdapat pemilihan kepala desa akan dilaksanakan secara serentak nantinya.

Selain itu pula, dalam UU Desa yang terbaru tersebut juga mengatur tentang pengelolaan keuangan desa yang mana kedepannya setiap desa akan menerima dana dari APBN.

Sementara itu, Wakil Bupati Tanbu, H. Difriadi Darjat menyambut baik dengan dilaksanakanya seminar UU tentang desa tersebut. diharapkannya, dengan adanya seminar tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan dari kepala desa dan aparatur pemerintahan desa sehingga peningkatan pembangunan didesa dapat meningkat.

"seminar ini merupakan bagian terpenting yang harus diikuti oleh kepala desa dan aparaturnya sehingga dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan dan tentunya diharapkan pula dapat diaplikasikan dalam membangun desa sehingga terjadi peningkatan pembangunan dipedesaan dan juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa tersebut," ujarnya.

Selain itu, kepada para peserta seminar, Wabup meminta agar semangat penyelenggaraan aparatur pemerintahan terus tetap digelorakan. Terutama dalam hal membangun desa dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. (relhum)


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved