Home » » Dishubkominfo Terkendala Keamanan Tertibkan Truk Angkutan.

Dishubkominfo Terkendala Keamanan Tertibkan Truk Angkutan.

Written By Fokus Batulicin on Jumat, 23 Mei 2014 | 18.18

Tanah Bumbu -
Mengantisipasi kerusakan jalan protokol dengan banyaknya truk angkutan bermuatan Buah Tandan Segar (BTS) sawit, Dishubkominfo Tanbu Gelar Operasi Penertiban.

Mengambil lokasi Jalan Protokol Propinsi Sei Hanau Kecamatan Simpang Empat, belasan staf Dishubkominfo Tanbu serta beberapa personel Polantas Tanah Bumbu menggelar Opstib, Kamis (22/05/14).

Disampaikan oleh Kasi Pengendalian Operasi Dishukominfo Tanbu, Sunandar Matoalam ditengah pelaksanaan penertiban menyebut, klasifikasi Jalan Klas IIIB hanya boleh dilalui truk angkutan bermuatan berat 8 ton.
"Kegiatan ini dilaksanakan 4 kali sebulan, dan agendanya untuk mengecek kelengkapan surat menyurat mobil, isi muatan, Ijin Trayek, Ijin KIR dan cek kelayakan operasional," sebut Sunandar.

Ditambahkan oleh Sunandar, jika ada pelanggaran oleh pengguna jalan, untuk sanksi hukumnya akan dilaporkan ke Polantas dan prosesnya diteruskan lagi ke pengadilan, karena bukan kewenangan Dishubkominfo melakukan penindakan hukumnya.
Demensi / kapasitas muatan
"Kami cuma bisa memberikan teguran atau peringatan bila ada pengguna jalan yang tidak lengkap ijin surat menyuratnya, selebihnya adalah kewenangan Polres dan Pengadilan untuk sanksi hukumnya," ujarnya.

Menurut Sunandar, tiap diadakannya penertiban, jarang mereka temukan truk pengangkut sawit.Masalahnya, truk pengangkut sawit yang melintas di Jalan Protokol hanya pada malam hari saja, jarang ada siang hari.Sebab rata-rata muatannya melebihi kapasitas, dan paling berpotensi merusak badan jalan.
"Untuk melakukan penertiban pada malam hari, kami terkendala keamanan.Tak jarang mereka melawan, dan bahkan kadang ada pula yang dikawal oleh oknum aparat," ungkap Sunandar.

Untuk mengantisipasinya, Dishubkominfo memberlakukan tarif denda sebesar Rp 1,3 juta hingga Rp 1, 5 juta pada truk pengangkut sawit atau batubara yang ketangkap basah melintas dijalan raya.Hal itu dilakukan agar menimbulkan efek jera dan membuat mereka berpikir ulang untuk melakukan pelanggaran.(MIZ)
Kadang mereka di beck up aparat

Diperbantukan untuk dinas perhubungan
Lantas Mary S, memberikan surat teguran, kecuali tidak punya surat menyurat baru ditahan.

Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved