Home » » ADVERTORIAL ‎ Erwinda : Rumah Pintar Harus Jadi Pendorong Peningkatan Kualitas Pendidikan Masyarakat

ADVERTORIAL ‎ Erwinda : Rumah Pintar Harus Jadi Pendorong Peningkatan Kualitas Pendidikan Masyarakat

Written By Fokus Batulicin on Minggu, 15 Juni 2014 | 15.38


BATULICIN – Ketua Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) Hj Erwinda Mardani menyebutkan, keberadaan rumah pintar harus mampu menjadi pendorong peningkatan kualitas pendidikan masyarakat.

Pasalnya tambah Erwinda, rumah pintar sebagai salah satu lembaga pengembangan bidang pendidikan didalamnya juga terdapat program pengembangan pendidikan bagi anak usia dini (PAUD) sebagai dasar pengembangan pendidikan anak-anak pra sekolah sebelum memasuki jenjang pendidikan Taman Kanak-Kanak.

Untuk itulah Erwinda meminta semua pihak turut mendorong pengembangan rumah pintar yang ada di daerah sebagai media cikal bakal pengembangan pola pikir dan pengembangan program pembangunan bidang pendidikan yang berkelanjutan.

"Pengembangan rumah pintar ini bukan semata-mata menjadi tanggungjawab pemerintah daerah, tapi menjadi tangungjawab kita semua, termasuk didalamnya adalah tanggungjawab jajaran kami TP PKK Tanah Bumbu", papar Erwinda dalam sambutannya saat meresmikan Rumah Pintar Batulicin di Kelurahan Gunung Tinggi Kecamatan Batulicin, beberapa waktu yang lalu.

Lebih jauh diungkapkannya, keberadaan Rumah Pintar Batulicin diharapkan mampu jadi  motivasi dan pendorong bagi masyarakat agar lebih memahami pentingnya arti pendidikan atau proses pengembangan pendidikan bagi keluarga.

Untuk bisa mewujudkan komitmen bersama itu imbuh Erwinda, kondisi rumah pintar harus representatif dan ditunjang sejumlah sarana dan prasarana penunjang yang memadai.  Ini agar anak-anak yang belajar di rumah pintar merasa betah dan menyenangkan. Apalagi  keberadaan rumah pintar milik pemerintah daerah itu juga akan dijadikan sebagai tempat penitipan anak. Mengingat sejauh ini banyak pegawai Pemkab Tanbu yang berkantor di kawasan Gunung Tinggi sebagai pusat perkantoran Pemkab Tanbu kerap membawa anaknya ke kantor tempat mereka bekerja akibat kurang adanya tenaga pengasuh anak di rumah.

Dengan begitu, keberadaan rumah pintar yang tak jauh dari kantor memudahkan mereka untuk menitipkan anak balita mereka, selain tak perlu repot lagi untuk mencari penyedia jasa penitipan anak yang sifatnya perorangan.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Pendidikan Tanbu, Sartono melalui Kepala Bidang Pendidikan Non Formal, Hasanuddin memaparkan, terbangunya Rumah Pintar Batulicin merupakan salah satu terobosan TP-PKKTanbu  yang selama ini sangat peduli terhadap peranan penting pendidikan bagi anak di usia dini, yang disinergiskan dengan program dari Dinas Pendidikan Tanbu yang terus berupaya meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan anak pada usia dini secara signifikan.

"Visi-misi dibangunnya Rumah Pintar antara lain adalah untuk memberdayakan masyarakat agar memiliki kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang cukup memadai, memberi rangsangan belajar  terhadap anak usia dini agar siap mejadi penerus bangsa yang berkualitas, dan memberi rangsangan belajar peserta didik remaja serta masyarakat sehingga mampu mengembangkan potensi  diri dan mengembangkan keterampilan yang dimiliki", ujar Hasanuddin seraya menambahkan,  Rumah Pintar Batulicin juga dilengkapi ruangan khusus untuk menyimpan hasil-hasil kerajinan yang sekaligus tempat belajar bagi masyarakat atau pengunjung yang ingin berwira usaha guna menambah kebutuhan ekonomi keluarga.

Penerimaan jumlah siswa anak usia dini pada Rumah Pintar tersebut akan dimulai pada awal Agustus 2014 dengan program layanan Taman Penitipan Anak (TPA), Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-kanak (TK).  (Adv/Relhum)

Keterangan :

FOTO 1. Ketua TP PKK Tanbu meresmikan  Rumah Pintar Batulicin di Kelurahan Gunung Tinggi Kecamatan Batulicin, beberapa waktu yang lalu.

FOTO 2.  RUMAH PINTAR BATULICIN -Keberadaan rumah pintar diharapkan menjadi pendorong peningkatan kualitas pendidikan di Tanah Bumbu.


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved