Home » » ADVERTORIAL Mardani : Masyarakat Harus Mengerti Hukum

ADVERTORIAL Mardani : Masyarakat Harus Mengerti Hukum

Written By Fokus Batulicin on Senin, 02 Juni 2014 | 18.55




BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) Mardani H Maming mengatakan, seiring dengan perkembangan zaman saat ini masyarakat khususnya masyarakat Tanbu harus memahami dan mengerti hukum.

Pasalnya kata orang nomor satu di Bumi Bersujud itu, dewasa ini persoalan hukum yang dihadapi masyarakat semakin kompleks. Tanpa ada bekal pengetahuan dan pemahaman tentang hukum maka dipastikan masyarakat akan kesulitan ketika berhadapan dengan persoalan-persoalan hukum.
Dari pemahaman yang demikianlah imbuh Mardani, pemerintah daerah terus merealisasikan program penyuluhan dan sosialisasi hukum dan perundang-undangan kepada masyarakat, dengan harapan masyarakat Tanbu semakin paham dan melek hukum.

"Ini tak lain sebagai solusi konstruktif  agar warga masyarakat Tanah Bumbu memahami dan mengerti persoalan hukum dan perundang-undangan yang berlaku, sehingga masyarakat kita taat hukum. Selanjutnya dengan bekal pemahaman hukum yang ada tersebut akan mendorong terciptanya tatanan masyarakat yang tertib hukum, dan pelanggaran hukum bisa diminimalisir," kata Mardani kemarin.

Pernyataan yang sama juga disampaikan oleh Kepala Bagian Hukum Setda Tanbu, Ikhsan Budiman. Menurutnya, tujuan dari kegiatan penyuluhan dan sosialisasi hukum dan perundang-undangan dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya penegakan supremasi hukum.

"Program ini sudah menjadi agenda tahunan dari pemerintah daerah melalui Bagian Hukum Setda. Penyuluhan hukum yang kami berikan antara lain menyangkut aturan peundang-undangan dan Peraturan Daerah (Perda)," kata Ikhsan didampingi Kasubbag Bantuan Hukum M. Jaelani usai melaksanakan penyuluhan masalah hukum terhadap berbagai elemen masyarakat di Kecamatan Batulicin, belum lama tadi.
Sejumlah materi yang disampaikan saat penyuluhan antara lain Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Undang-undang penghapusan kekerasan dalam rumah tangga dan  KAMTIBMAS, Undang-undang perkawinan, serta Undang-undang Pokok Agraria.

Peserta penyuluhan di ikuti oleh seluruh elemen masyarakat di Kecamatan Batulicin dengan narasumber dari Komisi I DPRD Tanbu, Kepolisian Resort Tanbu, Kejaksaan Negeri Batulicin, Badan Pertanahan Nasional Batulicin, dan Pengadilan Agama Batulicin.
Proses penyuluhan sebelumnya dikemas sedemikian rupa dengan metode tanya jawab. Para peserta tidak hanya diminta untuk mendengarkan paparan dari narasumber tetapi juga berperan aktif untuk berdiskusi tentang segala permasalahan hukum yang ada di masyarakat.

"Tujuan metode tersebut dimaksudkan agar semua materi yang disampaikan narasumber dapat terserap dengan baik oleh seluruh peserta sehingga muncul empat pilar penting berupa sikap persuasif, edukatif, komunikatif, dan akomodatif yang hakekatnya merupakan manfaat penting atas terselenggaranya penyuluhan hukum tersebut", beber Ikhsan

Sikap Persuasif sambungnya, kegiatan penyuluhan dan sosialisasi hukum yang dilaksanakan pihaknya harus mampu memberikan keyakinan kepada masyarakat sehingga mereka lebih tertarik untuk memperhatikan setiap hal-hal penting yang disampaikan para nara sumber atau penyuluh.
Sedangkan Edukatif artinya muncul kemauan yang kuat dari seluruh peserta untuk mau bersikap sabar dan penuh ketekunan dalam mendengarkan apa yang disampaikan narasumber.
Selanjutnya sikap komunikatif artinya seluruh peserta telah mampu berkomunikasi dan menciptakan suasana nyaman yang penuh keakraban dan keterbukaan dalam hubungan timbal balik atau berinteraksi.
Dan yang terakhir akomodatif artinya bahwa para penyuluh atau nara sumber juga harus mampu mengakomodir, menampung dan memberikan solusi yang mudah untuk dimengerti dan dipahami masyarakat atas segala masalah hukum yang telah disampaikan.(Adv/relhum) 
Keterangan :

Foto 1. Bagian Hukum Setda Kab. Tanbu mengelar kegiatan penyuluhan dan sosialisasi hukum dan perundang-undangan yang dilaksanakan di Kecamatan Batulicin.
Foto 2. Peserta begitu antusias untuk mengikuti penyuluhan hukum yang dilaksanakan oleh Bagian Hukum Setda Tanbu. Diharapkan dengan kegiatan penyuluhan hukum tersebut masyarakat Tanbu semakin paham dan melek hukum.
Foto 3. Bupati Tanbu Mardani H Maming dalam berbagai kesempatan saat menghadiri kegiatan  menyampaikan betapa pentingnya masyarakat untuk dapat memahami dan mengerti hukum seiring dengan perkembangan zaman saat ini. Untuk member pemahaman dan menambah wawasan masyarakat terkait hukum, maka Pemerintah Kab Tanbu menggelar kegiatan penyuluhan hukum.


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved