Home » » ADVERTORIAL PKK Gelar Lomba Cipta Menu Serba Ikan

ADVERTORIAL PKK Gelar Lomba Cipta Menu Serba Ikan

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 05 Juni 2014 | 21.46



BATULICIN – TP PKK (Tim Penggerak PKK) kecamatan se- Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar lomba cipta menu masakan serba ikan.
Kegiatan yang digelar bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan serta Kantor Ketahanan Pangan itu dilaksanakan di Gedung Tujuh Februari Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Senin (2/6) lalu.

Ketua TP PKK Tanbu Hj Erwinda Mardani mengatakan lomba cipta menu masakan serba ikan yang digelar jajarannya dimaksudkan untuk lebih maningkatkan ketahanan pangan lokal sekaligus pula memotivasi para ibu rumah tangga dan jajarannya untuk lebih kreatif dalam mengolah menu masakan yang sehat dan bergizi berbahan dasar ikan.

"Menu masakan berbahan dasar ikan dengan tampilan yang menarik tentunya akan lebih disukai anak-anak. Secara tidak langsung jumlah generasi yang sehat dan cerdas di Bumi Bersujud jadi turut meningkat," kata Erwinda Mardani disela-sela kegiatan lomba cipta menu masakan serba ikan.

Menu serba ikan, jelas Erwinda merupakan hasil kreatifitas pembuatan menu olahan yang  berbahan dasar ikan dengan campuran bahan lain seperti jenis umbi-umbian dan sayuran hijau yang semuanya mudah didapat atau dikembangkan warga di pekarangan rumah.   

Pernyataan yang sama juga disampaikan oleh Kepala Kantor Ketahanan Pangan Daerah Tanbu, Ahmad Fauzi. Pelaksanaan lomba cipta menu masakan serba ikan merupakan wahana sosialisasi ke masyarakat dalam upaya pemanfaatan hasil tanaman pangan lokal.
Pentingnya mengkonsumsi makanan yang beragam dan bergizi seimbang juga dianggap perlu untuk terus disampaikan kepada masyarakat agar mereka memahami kebutuhan gizi yang sehat dan berimbang bagi keluarga. 

Menurut Akhmad Fauzi, kebutuhan pangan yang sehat dan bergizi sebenarnya dapat terpenuhi dengan cara memanfaatkan lahan pekarangan rumah yang ditanami berbagai jenis tanaman dan sayuran serta ditunjang dengan pengembangan budi daya ikan.
"Cara atau pola pengembangan pekarangan semacam ini lebih efektif guna  menambah keberagaman kebutuhan pangan di masyarakat sekaligus dapat membantu kebutuhan pokok pangan warga dan keluarga", ujar Fauzi.  

Melalui lomba cipta menu serba ikan diharapkan dapat memberi motivasi tersendiri dan dorongan ibu rumah tangga agar mereka lebih mampu mencipkaan menu yang beragam. Upaya ini juga harus menjadi sebuah komitmen bagi seluruh penggerak PKK agar turut berpartisipasi aktif  dalam menciptakan keluarga yang sehat, cerdas, mandiri, dan berkualitas.(Adv/Relhum)

KET :
Foto 1. Ketua TP PKK Tanbu Hj. Erwinda Mardani didampingi Kepala Kantor Ketahanan Pangan Daerah Tanbu Akhmad Fauzi saat melihat menu masakan hasil olahan peserta lomba.

Foto 2. Kepala Kantor Ketahanan Pangan Daerah Tanbu Akhmad Fauzi saat membuka lomba cipta menu masakan serba ikan yang dilaksanakan di Gedung Tujuh Februari Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Senin (2/6) lalu.


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved