Home » » ADVERTORIAL‎ Tanbu Raih Opini WTP

ADVERTORIAL‎ Tanbu Raih Opini WTP

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 25 Juni 2014 | 12.33


BATULICIN - Komitmen Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) untuk bisa meraih opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) terhadap pengelolaan keuangan dan aset daerah oleh Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK RI) Perwakilan Kalsel terwujud.
Sebelumnya dalam berbagai kesempatan, Bupati Tanbu Mardani H. Maming kepada jajarannya menegaskan, untuk mewujudkan komitmen itu dibutuhkan kesungguhan dan kerja sama serta dedikasi yang tinggi seluruh personil pemerintah daerah dari jajaran pimpinan SKPD hingga jajaran staf pelaksana.
Dikatakan Mardani, keberhasilan yang diraih pemerintah daerah ini tak terlepas dari upaya yang diformulasikan jajarannya dalam melakukan pembenahan dan inventarisasi aset daerah sejak tahun 2011 yang lalu. Yang kemudian upaya ini berlanjut di tahun 2012 dengan pembenahan bidang administrasi aset daerah, baik meliputi penatausahaan dan administrasi yang baik terhadap aset yang dimiliki Pemkab Tanbu melalui Bagian Umum dan Perlengkapan Setda serta pembenahan penatausahaan dan administrasi keuangan daerah pada Bagian Keuangan Setda.
"Itu adalah komitmen kolektif dari kita semua. Dan terbukti, kerja keras, peningkatan kinerja dan profesionalisme serta dedikasi itu membuahkan hasil dengan opini WTP oleh BPK RI Kantor Perwakilan Provinsi Kalsel atas pengelolaan dan pelaksanaan APBD Tanah Bumbu tahun 2013 yang lalu. Bahkan dari LHP BPK itu, untuk Catatan Atas laporan Keuangan (CALK) Tanah Bumbu menjadi yang terbaik untuk di Provinsi Kalimantan Selatan, kata Mardani usai menerima LHP opini WTP yang diserahkan secara langsung oleh Kepala BPK RI Kantor Perwakilan Provinsi Kalsel, Suyatno, di kantor BPK RI Kantor Perwakilan Provinsi Kalsel, Banjarbaru, Selasa (17/6) lalu.
Karenanya Mardani mengajak jajarannya untuk terus bekerja keras dan profesional dalam mengelola keuangan dan aset daerah sehingga prestasi itu dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan di masa-masa yang akan datang.
Di bagian lain sambungnya, untuk lebih memfokuskan kinerja pemerintah daerah dalam mengelola aset daerah agar lebih baik dan profesional lagi, saat ini telah terbentuk satuan kerja khusus yang menangani aset daerah yakni Bagian Aset Setda.
"Kita semua berharap dengan terbentuknya unit kerja baru itu, kedepan pengelolaan aset daerah lebih baik dan lebih profesional lagi, tegas Mardani, yang dalam acara penyerahan dokumen opini WTP atas pelaksanaan APBD Tanbu 2013 oleh BPK RI Kantor Perwakilan Provinsi Kalsel  itu didampingi Sekda Tanbu Said Akhmad, Kepala Inspektorat Tanbu Basuni, Ketua DPRD Tanbu H Burhanudin, Wakil Ketua DPRD Tanbu Irwan Hamdy, Kabag Keuangan Setda Wim Mandau, Kabag Umum dan Perlengkapan Setda Rooswandi Salem, Kabag Humas Setda Tato A. Setyawan, serta sejumlah pejabat Pemkab Tanbu lainnya.
Senada dengan Mardani, Kepala Inspektorat Tanbu Basuni mengungkapkan, prestasi yang dicapai Pemkab Tanbu itu setidaknya menjadi bukti nyata bahwa pembinaan dan pengawasan yang terintegrasi secara menyeluruh dijajaran pemerintah daerah melalui SKPD-SKPD dalam hal pengelolaan administrasi aset dan keuangan daerah mampu memberikan dampak positif bagi kinerja pemerintah daerah dalam menjalankan roda pemerintahan yang baik dan benar sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
Sementara itu Kepala BPK RI Kantor Perwakilan Provinsi Kalsel, Suyatno dalam amanatnya usai menyerahkan dokumen LHP atas LKPJ pelaksanaan APBD Tanbu 2013 dengan opini WTP kepada Bupati Mardani H. Maming dan jajarannya mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi terhadap capaian prestasi yang berhasil diraih Pemkab Tanbu dengan mampu mendapatkan opini WTP.
"Untuk itu kami berpesan agar prestasi ini terus dipertahankan dan ditingkatkan. Karena esensi dari opini WTP ini tak lain merupakan refresentasi dari komitmen jajaran Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dalam mewujudkan maksimalisasi peningkatan kualitas dan kuantitas kesejahteraan masyarakat, ujar Suyatno. (ADV/RELHUM)
KETERANGAN :
FOTO 1. Bupati Tanah Bumbu, Mardani H. Maming menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP)  opini WTP yang diserahkan secara langsung oleh Kepala BPK RI Kantor Perwakilan Provinsi Kalsel, Suyatno, di kantor  BPK RI Perwakilan Provinsi Kalsel, Banjarbaru, Selasa (17/6) lalu.
FOTO 2. Foto bersama usai menerima LHP opini WTP. Prestasi WTP yang dicapai Pemkab Tanbu setidaknya menjadi bukti nyata bahwa pembinaan dan pengawasan yang terintegrasi secara menyeluruh dijajaran pemerintah daerah mampu memberikan dampak positif bagi kinerja pemerintah daerah dalam menjalankan roda pemerintahan yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved