Home » » Mardani Hadiri Rakornas Pemilu Presiden

Mardani Hadiri Rakornas Pemilu Presiden

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 04 Juni 2014 | 08.40

Jakarta. Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming, didampingi Kepala Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Darmiadi MA P, bersama Ketua KPU D Tanah Bumbu Drs. Samsani M.Hum, terlihat serius mendengarkan Arahan dan Paparan Presiden RI H Susilo Bambang Yudhoyono saat menghadiri  Rakornas Pemantapan Pelaksanaan Pemilu 2014, Selasa (11/2/14) di Gedung SICC Sentul, Jakarta.

Rakornas Pemilu itu bertujuan untuk menciptakan suasana pemilu yang Kondusif, aman, jujur adil dan damai. Presiden pun menitipkan 13 pesan moral kepada peserta yang berhadir, baik jajaran Menteri Kabinet Indonesia Bersatu, para Gubernur dan Bupati/Walikota se-Indonesia, Mabes TNI dan Polri, Kejagung, para Pangdam dan Kapolda, Kajari dan Kapolres, para Kakan Kesbangpol, serta Ketua KPUD dan Bawaslu Kab/Kota se-Indonesia.

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan Kegiatan Rakornas ini memiliki nilai penting dan strategis sebagai upaya menjalin sinergi dalam rangka menyongsong pemilu yang akan dilaksanakan lebih kurang 57 hari lg.

"Sesuai pasal 126 UU 15 Tahun 201, dimana Pemda wjb memberikan bantuan dan fasilitas dlm rangka membantu kelancaran pemilu, hasil rakor wajib ditindaklanjuti ditingkat daerah agar terjalin pemilu yang jujur dan adil," papar Mendagri.

Dalam kesempatan itu, Presiden Republik Indonesia Soesilo Bambang Yudhoyono dalam arahannya memaparkan 13 intruksi terkait persiapan Pemilu Legislatif yang akan datang. Diantaranya berkenaan kesiapan pemerintah daerah dalam membantu kelancaran pelaksanaan Pemilu dan akuntabilitas penggunaan anggaran.

"Saya mengajak semua elemen bangsa untuk memberikan perhatian pada 13 instruksi terkait pemilu Presiden . Mari kita sukseskan pemilu Presiden dengan baik seperti Pemilu Legislatif yang lalu kita mampu melaksanakan Pilpres dgn sukses dan dunia memberikan apresiasi, mari ukir sejarah baru agar Pemilu Presiden 2014 juga dapat berlangsung dengan sukses. Mari kita ambil pelajaran pada pemilu lalu, ambil yg baik, dan pelajari kekurangannya dengan tetap berpedoman pada aturan pemilu" paparnya.

Selain itu, Presiden juga berharap para pimpinan daerah untuk dapat memahami tugas dan kewajiban masing-masing serta mencegah berbagai bentuk pelanggaran dan intimidasi serta benturan horizontal.

Selain pengarahan langsung dari Presiden RI berkenaan persiapan Pemilu Legislatif, acara dilanjutkan dengan berbagai pemaparan. Diantaranya pemaparan dari Mendagri, Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, Kepala BIN, Ketua KPU, Ketua Bawaslu dan Menkopolhukam.

"kalau ada menteri yang mau sibuk berkampanye sebagai tim.sukses, lapor sama saya. Minta Izin, saya akan izinkan. Tapi syaratnya harus mengundurkan diri. begitu juga petinggi Polri TNI, Kasad Kasau Dan Kasal. Kepada Kepala Daerah yang sibuk juga ikut dalam pemenangan pemilu di masing masing daerah, silahkan saja mengambil cuti, Tapi jangan lupa, utamakan kepentingan pembangunan daerah agar tetap berjalan, urusan di daerah juga terus diperhatikan." ujar SBY.

Mardani H Maming Ketika disambangi usai kegiatan tersebut mengatakan bahwa pihaknya bersama sejumlah elemen petinggi Muspida Tanah Bumbu siap melaksanakan arahan dan petunjuk Presiden tersebut, namun juga pihaknya berharap ada kerjasama yang baik dari Masyarakat Tanah Bumbu, LSM, Media Massa, serta Tokoh Agama, Tokoh Politik, dan lintas sektor lainnya untuk bersama sama peduli terhadap cipta kondisi pemilu presiden Yang aman, jujur, adil, dama dan kondusif, di Kabupaten Tanah Bumbu.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved