Home » » ADVERTORIAL ‎ Pemkab Tanbu Kembali Salurkan Bantuan Alat Tangkap

ADVERTORIAL ‎ Pemkab Tanbu Kembali Salurkan Bantuan Alat Tangkap

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 17 Juli 2014 | 11.05

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) kembali akan menyalurkan bantuan alat tangkap ikan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) yang bergerak di sektor perikanan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, penyaluran bantuan alat tangkap ikan bagi petani nelayan yang tergabung ke dalam KUB sektor perikanan laut maupun budi daya tersebut merupakan salah satu langkah konkrit dari program tahunan pemerintah daerah dalam mengupayakan peningkatkan kesejahteraan petani nelayan di Bumi Bersujud.

"Tidak hanya itu, pemerintah juga akan memberi bantuan permodalan kepada warga kita yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama sektor perikanan," sebut Bupati Tanbu, Mardani H Maming menanggapi akan segera direalisasikannya program bantuan alat tangkap ikan oleh pemerintah daerah melalui Dinas Perikanan dan Kelautan Tanbu, kemarin.

Bantuan itu sendiri diprioritaskan untuk petani nelayan yang benar-benar membutuhkan karena keterbatasan ekonomi sehingga kesulitan untuk memenuhi kebutuhan alat tangkap ikan yang memadai secara mandiri. Penyaluran bantuan didasarkan atas proposal dari masing-masing KUB yang telah diajukan kepada pemerintah daerah.

Kedepan kata Mardani, dengan tersalurkannya bantuan alat tangkap ikan tersebut kesejahteraan petani nelayan Tanbu khususnya nelayan kurang mampu secara bertahap akan meningkat.

Apalagi mengingat pengembangan sektor perikanan baik perikanan laut, perikanan darat dan budidaya merupakan salah satu potensi ekonomi unggulan daerah di Tanbu

Terpisah Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Tanbu, Bakhriansyah melalui Kepala Seksi Sumber Daya Ikan dan Pengembangan Tekhnologi Penangkapan, Zulkarnain mengatakan bantuan alat tangkap yang rencana diberikan kepada petani nelayan adalah berupa kapal tangkap 10 GT sebanyak 5 unit, GPS 10 unit, Fish Finder 10 unit, Kapal Balap 10 unit, Katinting atau kapal kecil 10 unit, dan alat tangkap perairan sebanyak 2 paket.

Pihaknya mengaku masih harus melakukan proses verifikasi terhadap jumlah proposal yang masuk dari masing-masing KUB sebelum menyalurkan bantuan alat tangkap tersebut.

Sudah ada sebanyak 35 kelompok nelayan dan 86 kelompok petani ikan budi daya di Tanbu yang telah memasukan proposal dan selesai diverifikasi.

Berdasarkan verifikasi itu baru akan ditetapkan kelompok mana saja yang layak diberikan bantuan alat tangkap yang dananya bersumber dari APBD II tahun 2014 tersebut.

Menurut Zulkarnain, syarat untuk mendapatkan bantuan tersebut para petani nelayan harus masuk anggota KUB. Syarat ini dimaksudkan untuk lebih mempererat hubungan antar petani nelayan dalam meningkatkan produksi hasil perikanan sekaligus bersama-sama untuk tetap saling menjaga dan memanfaatkan alat tangkap yang diterima dari pemerintah.

"Dengan cara seperti ini pemanfaatan alat tangkap akan lebih maksimal. Masing-masing anggota kelompok dapat saling menjaga pemanfaatan alat tangkap tersebut supaya tidak cepat rusak sehingga hasil yang didapat bisa terus melimpah," kata Zulkarnain disela-sela verifikasi proposal kelompok nelayan di Gedung Pertemuan Dinas Kelautan dan Perikanan Tanbu, Desa Sejahtera, Kecamatan Simpang Empat belum lama tadi. (Adv/relhum)9
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved