Home » » ADVERTORIAL PKK Tanbu Gelar Pasar Murah Ramadhan

ADVERTORIAL PKK Tanbu Gelar Pasar Murah Ramadhan

Written By Fokus Batulicin on Minggu, 20 Juli 2014 | 11.57

BATULICIN -Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar pasar murah guna mengantisipasi melonjaknya harga kebutuhan pokok selama Ramadhan hingga menjelang Idul-Fitri 1435 Hijriyah.

Pasar murah digelar di sejumlah kecamatan melalui kerjasama dengan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Kabupaten Tanbu selaku instansi Pemerintah Daerah yang secara khusus membidangi pelaksanan kegiatan pasar murah tersebut.

"Melalui pasar murah harapan kami bisa membantu meringankan beban ekonimi masyarakat yang kurang mampu. Sebab kita semua tahu bahwa setiap bulan Ramadhan apa lagi menjelang lebaran atau Idul-Fitri harga bahan kebutuhan pokok terus mengalami kenaikan ," kata Ketua PKK kabupaten Tanbu, Hj Erwinda Mardani pada saat menghadiri pembukaan pasar murah di Desa Segumbang, Kecamatan Batulicin Jumat (18/7) kamarin.

Erwinda menjelaskan, pasar murah merupakan upaya strategis dan partisipasi aktif PKK bersama Pemerintah Daerah dalam rangka meningkatkan derajad ekonomi masyarakat di Bumi Bersujud.

Bahan kebutuhan pokok yang dijual dengan harga lebih terjangkau di pasar murah akan jadi penyeimbang pengendalian kenaikan harga kebutuhan pokok yang cukup signifikan secara umum dipasaran.

Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda), Said Akhmad, pada saat membuka kegiatan pasar murah tersebut juga menyatakan akan pentingnya upaya Pemerintah Daerah untuk lebih meringankan beban ekonomi masyarakat kurang mampu khususnya di bulan Ramadhan hingga menjelang Idul-Fitri.

Pelaksanaan pasar murah harus mendapat dukungan penuh dari instansi terkait demi menjaga kestabilan harga bahan kebutuhan pokok yang beredar dipasaran supaya tidak mengalami kenaikan yang berlebihan.

Sekdapun menambahkan, pasar murah merupakan upaya konkrit TP-PKK bersama unsur Pemerintah Daerah untuk lebih menumbuhkan kepekaan sosial terhadap masyarakat yang hidupnya masih jauh dari kemapanan.

Lokasi pasar murah menjadi tempat alternatif bagi masyarakat untuk bisa membeli bahan kebutuhan pokok dengan harga lebih terjangkau dibandingkan harga barang dipasaran umum lainya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Disperindakop dan UKM, Kabupaten Tanbu, Nooryakin,SE melalui Kabid Perdagangan, Akhmad Heriansyah,S.Pt juga menegaskan keberadaan pasar murah dimaksudkan Pemerintah Daerah untuk menjaga kestabilan harga bahan kebutuhan pokok supaya lebih terjangkau bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah.

Pasar murah yang digelar kali ini merupakan rangkaian dari pelaksanaan pasar murah yang sebelumnya sudah dilaksanakan di sejumlah kecamatan lain seperti Satui, Angsana, Kuranji. Sungai Loban, Kusan Hilir, Kusan Hulu, Mantewe, dan Kecamatan Karang Bintang.

Selain TP-PKK sejumlah instansi yang turut berpartisipasi melaksanaan pasar murah antara lain Dinas Perikanan, Dinas Ketahanan Pangan, dan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) serta perusahaan distributor Unilever.

Bahan kebutuhan pokok yang dijual di pasar murah tidak hanya berupa satu paket Sembako yang terdiri dari satu botol minyak goreng ukuran 2 liter, satu otol syirup, 1 kilogram tepung, dan 2 kotak teh celup, namun juga berupa ikan asin, beras, gula, dan telur yang disediakan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan serta Badan Ketahanan Pangan.

Satu paket Sembako dijual dengan harga Rp.45.000. Harga ini jauh lebih rendah Rp.20.000 dibandingkan harga Sembako dipasaran pada umumnya. Masyarakat Batulicin cukup antusias belanja kelokasi pasar murah tersebut. Dalam waktu satu jam saja ribuan paket Sembako dan persediaan barang yang lain nyaris ludes terjual pada para pengunjung. (Adv/relhum)

Ket Foto:
Foto 1 : Sekda Tanbu, Said Akhmad, membacakan sambutan bupati pada saat pembukaan pasar murah di Desa Segumbang, Kecamatan Batulicin Jumat (18/7) kemarin.

Foto 2 : Ketua TP-PKK Kabupaten Tanbu, Hj Erwinda Mardani memotong pita dalam acara pembukaan pasar murah di Desa Segumbang, Kecamatan Batulicin Jumat (18/7) kemarin.

Foto 3 : Ketua TP-PKK Kabupaten Tanbu, Hj Erwinda Mardani, melihat sejumlah barang yang tersedia di lokasi pasar murah di Desa Segumbang, Kecamatan Batulicin, Jumat (18/7) kemarin.


Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved