Home » » ADVERTORIAL Potensi   Wisata Terus Dikembangkan

ADVERTORIAL Potensi   Wisata Terus Dikembangkan

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 17 Juli 2014 | 11.19


BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) berkomitmen terus mengupayakan dan memprogramkan kegiatan pengembangan berbagai  potensi obyek wisata di Bumi Bersujud.

Menurut Bupati Tanbu Mardani H Maming, komitmen itu diformulasikan sebagai wujud keseriusan pemerintah daerah dalam merancang pembangunan Tanbu dalam jangka panjang, karena mengingat dengan potensi pariwisata yang ada di Tanbu saat ini, kedepan jika dikembangkan secara maksimal diharapkan akan mampu menjadi sumber potensi pendapatan asli daerah (PAD).

Saat ini ungkap bupati, pembangunan Tanbu banyak didorong dan dibiayai oleh dana yang sumbernya banyak diperoleh melalui potensi sektor pertambangan. Kedepan, pemerintah daerah harus mengembangkan potensi ekonomi daerah lainnya karena sektor pertambangan merupakan sektor ekonomi daerah yang bersumber dari ekploitasi sumber daya alam (SDA) yang tidak dapat diperbaharui.

"Potensi ekonomi daerah lainnya yang patut dan berpeluang untuk dikembangkan dan selalu bisa dikembangkan serta diperbaharui yakni potensi pariwisata. Untuk itu kita berharap dengan pengembangan potensi pariwisata daerah yang ada, nantinya akan mampu juga mendorong dinamika ekonomi kreatif masyarakat khususnya masyarakat lingkar wisata dan masyarakat yang banyak mengantungkan hidupnya dari pengembangan objek wisata di daerah", papar Mardani kemarin.

Namun begitu imbuhnya, hal itu dapat terwujud jika semua komponen daerah mampu bekerja secara bersama-sama. Lebih khususnya lagi, dinas teknis terkait harus saling dorong dan bersinergi dalam mengimplementasikan program pembangunan yang terkait atau bersinggungan dengan pengembangan pariwisarta daerah sehingga pariwisata Tanbu dapat bergerak maju.

Bupati  menambahkan,  tak sedikit obyek wisata di Tanbu yang memiliki daya tarik bagi wisatawan.  Diantaranya obyek wisata Pantai Angsana , Pantai Rindu Alam, dan Pantai Pagatan yang sudah dikenal banyak pengunjung baik lokal maupun nasional dengan even budaya Mappanretasi –nya.

Obyek wisata pantai, katanya, merupakan salah-satu obyek wisata daerah yang lebih banyak diminati pengunjung. Seiring meningkatnya perbaikan infrastruktur sarana dan prasasarana yang dilakukan pemerintah daerah di lokasi obyek wisata tersebut diharapkan mampu memberi dampak tehadap pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal.

Secara terpisah Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Tanbu, M. Thaha juga menjelaskan perlu adanya sinergisitas dalam mengembangkan potensi wisata dengan kearifan budaya dan usaha masyarakat lokal.

Salah satunya melalui penyediaan tempat-tempat penjualan souvenir khas kerajinan masyarakat lokal dalam upaya meningkatkan industri kepariwisataan di Bumi Bersujud.

"Langkah-langkah seperti ini akan terus kami lakukan secara bertahap dan berkelanjutan. Setidaknya kali ini kami sudah melaksanakan pembangunan fasilitas umum dan sarana tempat bermain di lokasi obyek wisata Pantai Rindu Alam," katanya.

Fasilitas yang dibangun dilokasi wisata tersebut antaralain berupa puluhan gazebo sebagai tempat peristirahatan pengunjung ,  fasilitas WC umum, dan sarana bermain anak-anak berupa waterboom.

Dengan fasilitas itu diharapkan memberi dampak rasa lebih nyaman bagi para pengunjung sekaligus menambah keramaian siapa saja yang ada di pantai tersebut.

Tak kalah menariknya dengan Pantai Rindu Alam, lokasi Pantai Angsana dan Pantai Pagatan Juga memiliki keindahan alam yang berbeda.

Keindahan Pantai Pagatan kerap dijadikan tempat pelaksanaan pesta adat Mappanretasi masyarakat lokal, sedangkan di Pantai Angsana para pengunjung bisa menyelam atau melakukan Diving untuk menikmati  keindahan  terumbu karang yang ada di dalamnya.

"Potensi obyek wisata ini akan terus kami kembangkan. Setidaknya untuk mendorong ekonomi masyarakat  lokal sehingga layak menjadi salah-satu sumber Pendapatan Asli  Daerah (PAD) bagi Pemerintah Daerah," katanya. (Adv/relhum).
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved