Home » » Angkutan Kapal PT ASDP Batulicin Sepi Penumpang.

Angkutan Kapal PT ASDP Batulicin Sepi Penumpang.

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 22 Juli 2014 | 12.04

Bidik kalsel -
Memasuki hari H -7 Lebaran 2014, suasana di pelabuhan penyeberangan PT ASDP Batulicin terlihat sepi penumpang, Senin (21/07/14).

Menurut Manager Usaha dan Tekhnik PT ASDP Cabang Batulicin, Sigit Purwanto menyebut, sepinya angkutan penumpang arus mudik lebaran tahun ini disebabkan beberapa faktor, yakni lancarnya penerbangan pesawat dari Kotabaru menuju banjarmasin dan adanya penyeberangan kapal ferry swasta dari Kotabaru menuju Tarjun, serta suasana Pemilu Pilpres yang baru dilaksanakan baru baru tadi.
"Mungkin ketiga faktor tadi berakibat pada sepinya penumpang, padahal untuk harga tiket tidak ada kenaikan dan bahkan terbilang sangat normal," ujar Sigit.
"Adapun kisaran tarif tiket KMP Awu Awu untuk penumpang sebesar Rp 157 ribu/orang.Sedangkan truk biasa sebesar Rp 2 jutaan, dan truk besar sebesar Rp 5 juta untuk tiap kali penyeberangan," tambahnya.

Sementara ini, PT ASDP Cabang Batulicin telah menyiapkan 4 unit kapal ferry untuk melayani penyeberangan jarak pendek (Batulicin Tanah Bumbu - Tanjung Serdang Kotabaru), yakni KMP Gutila,KMP Mahakam Raya, KMP Teluk Cendrawasih 1, dan KMP Jembatan Musi II.Sedangkan jurusan jarak jauh (Batulicin Tanah Bumbu kalsel - Garongkong Barru Sulawesi Selatan) dilayani oleh 1 unit kapal ferry KMP Awu Awu.

"Jadwal penyeberangan terakhir untuk KMP Awu Awu yang berkapasitas 300 orang penumpang dan bisa menampung 29 unit mobil tersebut pada Kamis (22/07/14) nanti, dan hingga hari ini diperkirakan sudah ada sekitar 280 orang penumpang dan 29 unit mobil yang telah terdaftar membeli tiket penumpang," terangnya.

Dikatakan lebih jauh lagi oleh Sigit, untuk penumpang arus mudik Lebaran Tahun 2014 ini, turun drastis diatas 20% dan pihaknya hampir merugi.
"Meskipun jumlah penumpang tidak seramai seperti tahun kemaren, tapi pelayanan tetap bertahan dan semoga tidak merugi dalam menutupi biaya operasional," pungkasnya.(MIZ)
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved