Home » » BPBD Tanbu Juarai Lomba Tanglong.

BPBD Tanbu Juarai Lomba Tanglong.

Written By Fokus Batulicin on Senin, 28 Juli 2014 | 08.03

Tanah Bumbu -
Dalam rangka menyemarakan Malam Takbiran 1 Syawal 1435 H, Pemkab Tanah Bumbu melalui Bagian Kesra menggelar Lomba Pawai Tanglong.

Dengan mengambil tempat dilapangan parkir Terminal Kersik Putih Tanah Merah Kecamatan Batulicin, pawai tersebut diikuti sebanyak 50 peserta yang terdiri dari 2 kategori, yakni Kategori SKPD dan Kategori Umum.
Pawai Tanglong pada Minggu (27/07/14) malam tersebut diikuti 46 SKPD, dan 4 peserta dari masyarakat Umum.

Ketua Panitia Penyelenggara yang juga adalah Kabag Kesra Tanbu, Muhammad Syarwani MM dalam sambutannya menyebut, lomba tersebut terselenggara berkat bantuan berbagai pihak, terutama dari Bagian Umum dan Perlengkapan yang menyediakan dana untuk hadiah para pemenangnya.
"Untuk dana uang pembinaan pemenang, dibantu oleh Bagian Umkap.Sedangkan Tropi/Pialanya disediakan oleh kami Bagian Kesra," sebut Syarwani.

Adapun untuk menentukan juara terdiri dari 4 penilaian, yaitu dari segi Tanglong, Tema dan Suara Takbir serta Ketertibannya, yang akan dinilai oleh Kodim, Pengadilan Agama, PHBI, Polres, Majelis Ulama dan Kementerian Agama sebagai jurinya.
"Suara takbir harus suara sendiri, bukan dari kaset.Temanya cukup menarik dan tertib dijalan, juga Tanglongnya pun harus bagus serta semarak," tambahnya.

Sementara Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekdakab Tanbu, Said Akhmad mengatakan, Pawai Tanglong ini merupakan tradisi dan sebagai tanda kemenangan, karena telah berhasil berjuang sebulan penuh menjalankan ibadah puasa, namun perlu diingat agar tidak terlalu larut dalam kegembiraan yang berlebihan.
"Hikmah puasa tetap harus dipertahankan, dan jangan terlalu hanyut dalam kegembiraan yang berlebihan," ujarnya.

Pawai Tanglong yang dilepas langsung oleh Sekdakab Tanbu, Said Akhmad tersebut juga dihadiri oleh,Ketua DPRD Tanbu, Perwakilan Polres, Perwakilan Kodim 1022, Kementerian Agama, Majelis Ulama, PHBI dan Pimpinan SKPD Tanbu dengan dibawah pengawalan jajaran personel Polres Tanbu dan Satpol PP.

Berdasarkan Surat Keputusan Dewan Juri Pawai Tanglong Malam Takbiran 1 Syawal 1435 H Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu tersebut, dari total hadiah sebesar Rp 82 juta untuk Kategori Umum diraih oleh Mesjid Al Ikhsan Desa Kersik Putih sebagai Juara Pertama sebesar Rp 20 juta.
Sementara untuk Juara 2,3 dan 4 diraih oleh Mesjid Darul Muhtadin Desa Mudalang Kusan Hilir, Mesjid Ar Raudah Desa Batulicin dan Mesjid Darul Khair Simpang Empat yang masing masing memperoleh uang pembinaan sebesar Rp 17,5 juta, Rp 15 juta dan Rp 12,5 juta.

Sedang untuk Kategori SKPD, diraih oleh Badan Penanggulan Bencana Daerah sebagai Juara Pertama dan disusul oleh Dinas Tata Bangunan, Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Kelurahan Gunung Tinggi dan Bagian Umum Perlengkapan serta Kecamatan Kusan Hilir Pagatan.(MIZ)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved