Home » » Meriahkan Lebaran,Pemkab Gelar Lomba Pawai Tanglong.

Meriahkan Lebaran,Pemkab Gelar Lomba Pawai Tanglong.

Written By Fokus Batulicin on Jumat, 25 Juli 2014 | 15.29

Tanah Bumbu -
Dalam rangka memeriahkan suasana malam takbiran lebaran 1435 H, Pemkab Tanbu melalui Bagian Kesra menggelar Lomba Pawai Tanglong yang diikuti oleh seluruh jajaran SKPD dan masyarakat umum.

Lomba Pawai Tanglong yang dipusatkan Start dan Finish nya dilapangan Terminal Kersik Putih Tanah Merah Kecamatan Batulicin tersebut, dilaksanakan dengan 2 kategori, yakni kategori Umum dan SKPD dilingkup Pemkab Tanbu.

Menurut Kabag Kesra Tanbu, Akhmad Syarwani menyebut, untuk anggaran pembuatan tanglong tiap SKPD sudah punya anggaran sendiri, yaitu sebesar Rp 7,5 juta, sedangkan untuk umum tidak.Oleh karena itu, besaran hadiahnya pun berbeda.Untuk itu, total hadiah uang pembinaan kategori umum sebesar Rp 82 juta, dan untuk SKPD hanya Rp 36 juta.
"Antara rute Start ke Finish terdapat beberapa titik yang menjadi tempat para juri untuk melakukan penilaian peserta.Pola penilaiannya antara 60 hingga 95 untuk menentukan juaranya," terang Syarwani.

Masih menurut Syarwani, ada 6 juri dari instansi yang disiapkan untuk melakukan penilaian, yaitu dari Juri Kodim, Pengadilan Agama, PHBI, Polres, Majelis Ulama dan Kementerian Agama.
"Untuk keindahan tanglong, juri penilainya adalah dari Kodim dan Pengadilan Agama. Untuk Ketertiban dan Tema isi tulisan, dinilai oleh PHBI dan Polres. Sedangkan untuk lagu dan suara takbir saat pawai, dinilai oleh Kementerian Agama dan Majelis Ulama.Selain itu lagi, tiap mobil tanglong hanya boleh memuat 6 orang, tidak boleh lebih," tambahnya.
Sementara Ketua Panitia Penyelenggara, Muhammad Zaki Yamani menyebut, ada 2 pawai tanglong dilaksanakan pada malam takbiran lebaran yang Insya Allah jatuh pada Minggu malam (27/07/14 nanti, yaitu di Kecamatan Batulicin dan Kecamatan Kusan Hilir Pagatan.
"Untuk rute, dimulai dari Terminal Kersik Putih arah ke Simpang Empat, Plajau ujung Kompi belok ke KM 02 Kodeco mengarah ke Pasar Sabtu, dan kembali menuju Batulicin," sebut Zaki.

Data yang masuk ke Panitia hingga Jum'at (25/07/14), baru 6 peserta dari umum yang baru mendaftarkan diri untuk mengikuti lomba, padahal pengumuman pendaftaran sudah dibuka sejak Tanggal 16 sampai 24 Juli 2014.
"Biasanya para peserta mendaftarkan diri disaat pelaksanaan Pawai Tanglong akan dimulai, dan selain memperoleh uang pembinaan, para juara juga akan menerima Tropy dari Pemkab Tanah Bumbu," pungkasnya.(MIZ)
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved