Home » » ADVETORIAL : Dorong Peningkatan Produksi Pertanian, Pemkab Salurkan Bantuan Alsintan

ADVETORIAL : Dorong Peningkatan Produksi Pertanian, Pemkab Salurkan Bantuan Alsintan

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 05 Agustus 2014 | 17.23



ADVERTORIAL


BATULICIN – Untuk mendorong peningkatan produksi hasil pertanian daerah, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanpanak) menyalurkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada petani setempat.

Bantuan Alsintan yang meliputi empat unit mesin tanam (Rice Transplanter) , satu unit mesin pencacah pakan ternak (Chooper), dan tujuh unit Rotari atau mesin pengolah tanah khusus untuk lahan kering juga diproyeksikan bagi upaya daerah untuk mendorong peningkatan kesejahteraan para petani di Tanbu.

"Melalui penyaluran bantuan Alsintan itu, pemerintah berharap akan memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan hasil pertanian daerah sekaligus pula memberikan dampak nyata bagi peningkatan kualitas kesejahtweraan petani kita," kata Bupati Tanbu Mardani H Maming pada saat menyerahkan bantuan tersebut secara simbolis kepada petani, di halaman kantor Sekretariat Daerah (Setda), Gunung Tinggi, Senin. (4/8).

Mardani berharap, bantuan alsintan itu dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para petani. Pasalnya, selain untuk mempermudah kerja mereka dalam menggarap lahan pertanian juga diarahkan bagi upaya untuk meningkatkan kualitas SDM petani terkait pengetahuan penggunaan sarana dan prasarana pertanian modern.

Terpisah Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Tanbu, Drs Abdul Karim melalui Kepala Bidang Sarana dan Prasarana dan Hasil Usaha Agribisnis, Lamijan SP mengatakan tujuan penyaluran bantuan mesin pertanian tersebut tidak lain untuk mendorong peningkatakan hasil produksi petani.

Seiring terus meningkatnya luas tanam para petani, bantuan alat pertanian dianggap sangat bisa membantu petani dalam mengolah lahan secara cepat dan efisien.

Tahun ini saja, katanya, target luas tanam padi sawah di Kabupaten Tanbu mencapai 19.435 hektare. Jumlah ini lebih besar dibandingkan target tahun lalu yang hanya mencapai 19.335 hektare.

Ini masih belum termasuk pengembangan padi gogo di areal lahan kering. Target luas tanamnya mencapai sekitar 3.515 hektare.

Sejalan dengan peningkatan luas tanam oleh petani yang ditopang dengan bantuan alat mesin pertanian modern diharapkan memberi dampak positif terhadap kenaikan jumlah produksi petani secara signifikan.

Tak hanya di sektor hasil produksi tanaman pangan saja, namun juga tersinergikan dengan pengembangan hasil produksi disektor peternakan.

"Alat pencacah rumput, misalnya, dapat digunakan untuk mengolah pakan ternak dari bahan sisa tanaman produksi petani. Dengan cara ini, asupan gizi ternak lebih tercukupi tanpa mengesampingkan produksi tanaman pangan petani," jelas Lamijan.(Adv/relhum)

Ket Foto a : Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming secara simbolis menyerahkan bantuan Alsintan kepada petani, Senin(4/8).

Foto b : Setelah menyerahkan bantuan Alsintan Bupati Tanah Bumbu, Mardani H Maming secara simbolis juga menyerahkan bantuan bibit jagung manis kepada petani usai pelaksanan apel pagi gabungan di halan kantor Sekretariat Daerah (Setda) Gunung Tinggi, Senin(4/8).


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved