Home » » DPU Gelar Ekspos Pengembangan Potensi Daerah Irigasi dan Rawa.

DPU Gelar Ekspos Pengembangan Potensi Daerah Irigasi dan Rawa.

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 28 Agustus 2014 | 15.46

Tanah Bumbu -
Guna menunjang peningkatan produksi pertanian di Tanah Bumbu, Dinas PU Tanbu menggelar Ekspose tentang SID Pengembangan Rawa dan Pengembangan Potensi Daerah Irigasi, Kamis (28/08/14).

Bertempat di aula Kantor Bappeda Jalan Darma Praja Gunung Tinggi Batulicin, ekspose tersebut dihadiri oleh Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan, seluruh Camat, Instansi terkait, Konsultan dari PT Citra Alos dan PT Vitraha Cosindotama, selaku konsultan yang memberikan pemaparan pada saat ekspose.

Maksud dan tujuan dari ekspose ini adalah, guna menunjang peningkatan produksi pertanian khususnya padi, dan untuk memantapkan swasembada pangan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi , meningkatkan pendapatan petani serta optimalisasi pemanfaatan sumberdaya air untuk lahan pertanian di Kabupaten Tanah Bumbu.
Sedangkan tujuan untuk SID Pengembangan Rawa adalah, untuk memberikan potensi pendaya-gunaan lahan rawa reklamasi.
Sasarannya yaitu, daerah lahan potensi basah pertanian dan lahan rawa yang memiliki masterplan untuk pembuatan irigasi lahan pertanian yang dapat dijadikan lahan produktif, guna meningkatkan potensi pangan mendatang.

Untuk Tahun 2015 mendatang, sesuai Kepmen PU Nomor 293 Tahun 2014, melalui Dirjen Pengairan tentang Peningkatan Swasembada Pangan dan Peningkatan Produksi Pertanian Daerah, khususnya daerah yang memiliki RTRW lahan pertanian basah lebih dari 10.000 Hektar.

Kabid Pengairan Dinas PU Tanah Bumbu, Budi Setiawan,ST MM mengatakan, "dengan dilakukannya eksapose ini, kami mendapatkan masukan masukan dari beberapa daerah kecamatan yang memiliki potensi besar untuk dijadikan daerah pengembangan potensi air dan dearah rawa guna menunjang produksi pertanian".

"Selain itu, untuk tahap perencanaan sudah mencapai 50 persen dan hanya tinggal penelitian dan pengkajian ulang.Maka melalui ekspose ini diharapkan, semua perencanaan dari Dinas PU khususnya Bidang Pengairan tentang Pengembangan Potensi Daerah Irigasi dan Pengembangan Lahan Rawa dapat terlaksana pada tahun ini hingga 2015 mendatang, " tambahnya.

Sementara Kasi Pengairan Irigasi dan Pantai  Dinas PU Tanbu, Riyan Tirta Nugraha,ST menambahkan, pada tahun ini kami akan melaksanakan Pembangunan Sistem Irigasi Tekhnis, dimana sebelumnya kami membangun Sistem Irigasi Non Tekhnis.
"Dengan melihat potensi lahan pertanian yang cukup luas, yakni mencapai 14.000 Hektar, diharapkan dengan dibangunnya sistem irigasi yang lebih baik nantinya, tidak ada lagi lahan potensi pertanian, khususnya padi yang beralih fungsi," pungkasnya.(Awan/M12)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved