Home » » ADVETORIAL :Tanbu Peringati Hari Menanam Pohon 2014 - Mardani : Tahun-Tahun Mendatang Kita Bisa Bagikan Bibit Tanaman Buah

ADVETORIAL :Tanbu Peringati Hari Menanam Pohon 2014 - Mardani : Tahun-Tahun Mendatang Kita Bisa Bagikan Bibit Tanaman Buah

Written By Fokus Batulicin on Minggu, 07 September 2014 | 17.11

BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) Mardani H. Maming berharap, peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia pada tahun-tahun mendatang pemerintah daerah bisa membagikan bibit tanaman buah.

"Saya pikir selain membagikan dan menanam bibit pohon seperti mangrove, mahoni dan sejenisnya, kita juga bisa membagikan bibit tanaman buah", sebut Mardani dalam sambutannya pada peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tahun 2014 Tanbu yang di pusatkan di Desa Sungai Loban Kecamatan Sungai Loban, Jum'at pekan lalu.

Menurutnya, dengan langkah seperti itu setidaknya ada strategi baru sekaligus perubahan paradigma dari pemerintah daerah yang selama ini hanya membagikan bibit tanaman pohon penghijauan dengan bibit tanaman buah.

Nantinya jika program pembagian bibit tanaman buah itu bisa direalisasikan pada tahun 2015 mendatang sambungnya, dari sejumlah desa yang mendapatkan pembagian bibit tanaman buah, masing-masing desa akan menerima jenis bibit buah yang berbeda-beda.

Terkhnisnya kata dia, masing-masing kepala keluarga bisa diberi bibit tanaman buah untuk selanjutnya ditanam di lahan pekarangan masing-masing.

"Misal, desa A dapat bibit rambutan, desa B bibit mangga, desa C bibit durian dan seterusnya. Sehingga dalam empat hingga lima tahun mendatang desa-desa di Bumi Bersujud bisa menjelma menjadi desa-desa sentra buah", ujar Mardani sembari menambahkan, bibit yang dibagikan kepada masyarakat harus bibit unggul yang bersertifikasi, dan dinas tekhnis harus memberikan pendampingan dan pembinaan agar program tersebut dapat berjalan maksimal.

Pada kesempatan itu, dalam laporannya Kepala Dinas Kehutan dan Perkebunan (Dishutbun), Hanif Faisol Nurofiq mengungkapkan, pada peringatan HMPI tahun 2014 yang dipusatkan di Desa Sungai Loban itu pihaknya membagikan sebanyak 87 ribu bibir pohon mangrove yang dibagikan dan ditanam di dua desa dalam wilayah Kecamatan Sungai Loban. Dua desa itu yakni Desa Sungai Loban dan Desa Sungai Dua Laut.

Kegiatan ini sambungnya sekaligus untuk mendukung target program pemerintah pusat dalam Penanaman Satu Milyar Pohon di seluruh Indonesia hingga tahun 2015 mendatang.

Sementara itu, mengawali kegiatan penanaman pohon mangrove tersebut Bupati Mardani H Maming didampingi Ketua TP PKK Tanbu Hj Erwinda Mardani dan sejumlah unsur muspida Tanbu menanam masing-masing sebatang bibit mangrove menandai peringatan HMPI tahun 2014.

Selain membagikan bibit mangrove, secara simbolis pada kegiatan itu Bupati Tanbu juga menyerahkan sebanyak 250 ribu bibit karet dan 70 ribu kelapa sawit bagi warga yang tersebar di sepuluh kecamatan. (Adv/Relhum)

Ket foto F 1 : Bupati Tanbu, Mardani H Maming secara simbolis menyerahkan bantuan bibit karet pada saat peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tahun 2014 di Kecamatan Sungai Loban, Jumat (5/9)

F2 : Bupati Tanbu, Mardani H Maming dengan didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanbu, Hj Erwinda Mardani secara simbolis menanam pohon mangrove pada saat peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tahun 2014 di Kecamatan Sungai Loban, Jumat (5/9)
Powered by Telkomsel BlackBerry®
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved