Home » » ADVERTORIAL Bupati Pantau Realisasi Progam SKPD Melalui Sistem eMonev

ADVERTORIAL Bupati Pantau Realisasi Progam SKPD Melalui Sistem eMonev

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 14 Oktober 2014 | 14.12



BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu Mardani H. Maming terus memantau perkembangan realisasi penyerapan anggaran pembangunan daerah melalui sistem monitoring dan evaluasi berbasis internet (eMonev).

Melalui sistem ini setidaknya telah diketahui jumlah penyerapan anggaran di masing-masing Setuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk realisasi program pembangunan daerah yang selama ini  dilaksanakan hingga setiap akhir triwulan.

"Sekarang sudah memasuki triwulan ke empat di tahun anggaran 2014. SKPD yang masih belum memasukan data eMonev dari triwulan sebelumnya, pejabat yang bertanggung jawab saya minta untuk dipindah," kata bupati melalui pesan sambutanya yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tanbu, Drs Said Akhmad MM pada saat apel gabungan dihalaman kantor Gunung Tinggi, kemarin.

Dikatakan Sekda, sesuai arahan khusus dari Bupati Mardani H. Maming ia diminta untuk menegaskan kepada pimpinan SKPD agar lebih fokus dan serius lagi dalam melaksanakan program kegiatan yang ada di masing-masing SKPD. Hal ini mengingat hingga tri wulan ke empat atau t
erakhir tahun 2014 ini masih ada SKPD  yang belum mampu merealisasikan kegiatannya sesuai perencanaan yang dibuat.
Untuk diketahui sambungnya, secara berkala dan serius bupati senantiasa memantau perkembangan serapan anggaran di semua SKPD dari tri wulan pertama hingga bulan ke dua (Oktober) di tri wulan ke empat tahun 2014 ini. Sehingga dengan begitu, sangat wajar kalau bupati mengetahui persis perkembangan serapan anggaran di tahun 2014 ini.
"Arahan dari pak bupati itu harus kita maknai bersama sebagai sebuah semangat untuk bersama-sama membangun daerah. Semangat untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Tanah Bumbu", sebut Sekda.
 Melalui sistem eMonev, katanya, laporan hasil penyerapan anggaran pembangunan  daerah hakekatnya jadi lebih transparan dan lebih mudah dilakukan oleh masing-masing petugas di SKPD demi tercapainya target program pembangunan daerah hingga akhir tahun.

Sayangnya saat ini masih ada sejumlah SKPD yang belum tuntas melaporkan realisasi penyerapan anggaran program pembangunannya melalui sistem eMonev tersebut.

Sekda pun berharap, sesuai tahapan sistem eMonev target pembangunan daerah tahun 2014 pada triwulan pertama setidaknya sudah mencapai 25 persen, triwulan kedua 50 persen, dan triwulan ketiga sebesar 75 persen.

Sehingga pada saat memasuki akhir tahun tepatnya di akhir triwulan ke empat target pembangunan daerah bisa tercapai 100 persen.

Masing-masing SKPD diharapkan lebih proaktif untuk menginput data realisasi penyerapan anggarannya melalui sistem eMonev tersebut demi mendorong tercapainya target pembangunan yang berlangsung
dimasyarakat.

Dengan begitu data-data hasil pembangunan yang sudah masuk ke sistem eMonev baik itu yang berupa realisasi kinerja fisik, kinerja keuangan, dan capaian target kinerja masing-masing SKPD setiap akhir triwulan menjadi lebih mudah terpantau untuk dievaluasi.

Demi memperlancar pengoperasian sistem eMonev, katanya, Pemkab Tanbu  melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) sebelumnya juga sudah melakukan
kerjasama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk  menggelar sosialisasi sistem penggunaan eMonev terhadap sejumlah pegawai SKPD yang bertugas sebagai operator eMonev.

Pegawai tersebut secara khusus telah diminta menangani penginputan data-data laporan hasil realisasi penyerapan anggaran pembangunan daerah melalui  sistem eMonev di setiap SKPDnya masing-masing (Adv/relhum).

KETERANGAN :

FOTO 1. Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming saat memimpin rapat bersama pimpinan SKPD terkait realisasi program pembangunan daerah yang selama ini  telah dilaksanakan. SKPD yang memiliki kinerja buruk mendapat peringatan dari Bupati Tanbu Mardani H Maming.

FOTO 2. Sekretaris Daerah Kab. Tanbu Drs. Said Akhmad,MM saat menyampaikan pesan sambutan Bupati Tanbu Mardani H Maming terkait penegasan kepada pimpinan SKPD agar lebih fokus dan serius lagi dalam melaksanakan program kegiatan yang ada di masing-masing SKPD.
 


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved