Home » » ADVERTORIAL KWT Dapat Bantuan Sarana Produksi

ADVERTORIAL KWT Dapat Bantuan Sarana Produksi

Written By Fokus Batulicin on Senin, 20 Oktober 2014 | 15.40


BATULICIN – Sedikitnya 10 Kelompok Wanita Tani (KWT) mendapat bantuan sarana produksi pertanian dari Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu).
 
Bantuan sendiri disalurkan pemerintah daerah melalui Kantor Ketahanan Pangan Daerah Tanbu bekerjasama dengan jajaran pengurus Tim Pengerak PKK (TP-PKK) Tanbu.
 
Penyerahaan bantuan saranan produksi pertanian secara simbolis diberikan langsung oleh Ketua TP-PKK Tanbu, Hj Erwinda Mardani  kepada perwakilan KWT Usaha Bersama di Desa Trimartani, Kecamatan Sungai Loban belum lama tadi.
 
"Kami berharap melalui penyaluran  bantuan ini nantinya akan memberikan manfaat bagi kaum wanita. Khususnya anggota KWT dalam upaya meningkatkan pemanfaatan lahan pekarangan rumah," kata Erwinda Mardani pada saat penyerahan bantuan tersebut.  
 
Melalui bantuan itu, kaum perempuan diharapkan lebih mampu membudayakan prilaku gemar menanam di sekitar kawasan pekarangan rumahnya masing-masing. Sehingga kebutuhan gizi keluarganya lebih tercukupi dari hasil pengolahan lahan pekarangan mereka sendiri.
 
"Lahan pekarangan  kita jangan dibiarkan tidur atau tidak dimanfaatkan.  Gunakanlah lahan tersebut untuk ditanami sayuran-sayuran dan buah-buahan agar kebutuhan gizi keluarga lebih tercukupi," tegas Erwinda.
 
Jajaran pemerintah daerah, katanya, bersama pengurus TP-PKK akan terus berupaya meningkatkan kesejahteraan keluarga di Bumi Bersujud melalui program KWT. Selain dengan cara memberi bantuan sarana produksi pertanian pihaknya juga terus memberikan pembinaan dalam upaya meningkatkan pengetahuan KWT di lapangan.  
 
Pernyataan yang sama juga disampaikan oleh Kepala Kantor Ketahanan Pangan Daerah Tanbu, Ir. Akhmad Fauzi melalui Kasi Konsumsi Keamanan dan Gizi Pangan, Erna Kalsum,Sp yang hadir dalam acara tersebut.
 
Sejak awal tahun 2014 ada 10 KWT dari 10 kecamatan yang ada di Tanbu akan menerima bantuan sarana produksi pertanian dari TP-PKK  berupa bibit hortikultura atau bantuan bibit sayuran dan buah-buahan, bibit ikan, serta peralatan pertanian berupa herbisida, pupuk, paranet, terpal, polibek, dan cangkul.
 
Dengan bantuan tersebut diharapkan dapat membantu para ibu rumah tangga untuk memanfaatkan lahan pekarangannya menjadi lahan yang produktif bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarganya saja namun juga untuk memberikan nilai ekonomi bagi keluarga.
 
Pemberian bantuan sarana produksi pertanian merupakan kegiatan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) dengan model Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang bertujuan untuk pemberdayaan wanita melalui kelompok tani di Bumi Bersujud.
 
Bantuan yang disalurkan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2014 pada Kantor Ketahanan Pangan Daerah dengan jumlah sebesar Rp. 339.995.000.
 
Dari 10 KWT yang menerima tersebut antara lain KWT Anugerah Desa Betung Kecamatan Kusan Hilir, KWT Mahkota Dewa Desa Karang Sari Kecamatan Kusan Hulu, KWT Baru Mekar Desa Segumbang Kecamatan Batulicin, KWT Kemangi Desa Baroqah Kecamatan Simpang Empat, dan KWT Rejo Asri Desa Rejowinangun Kecamatan Karang Bintang.
 
Selanjutnya KWT Sinar Mukti Desa Maju Mulyo Kecamatan Mantewe, KWT Mustika Makmur Desa Mustika Kecamatan Kuranji, KWT Tunas Harapan Desa Angsana Kecamatan Angsana, KWT Indah Lestari Desa Al-Kautsar Kecamatan Satui, dan yang terakhir adalah KWT Usaha Bersama Desa Tri Martani Kecamatan Sungai Loban (Adv/Relhum)
 
Keterangan :
FOTO 1. Ketua TP PKK Tanbu Hj. Erwinda Mardani didampingi Kepala Kantor Ketahanan Pangan Daerah Kab. Tanbu Ir. Akhmad Fauzi dan Kasi Konsumsi Keamanan dan Gizi Pangan Erna Kalsum,Sp saat menyerahkan sarana produksi pertanian secara simbolis kepada perwakilan KWT Usaha Bersama di Desa Trimartani, Kecamatan Sungai Loban belum lama tadi.
 
FOTO 2.  Salah satu rumah warga yang telah berhasil mengolah lahan pekarangannya dengan ditanami berbagai jenis bibit sayuran dan buah-buahan yang berasal dari bantuan Pemkab Tanbu.
 
FOTO 3. Kelompok Wanita Tani sedang bergotong royong menggarap lahan pekarangan rumah.
 


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved