Home » » ADVERTORIAL Tanbu Targetkan Produksi Padi 98.164 Ton GKG

ADVERTORIAL Tanbu Targetkan Produksi Padi 98.164 Ton GKG

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 14 Oktober 2014 | 14.24


BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) mentargetkan jumlah produksi padi tahun ini mencapai 98.164 ton Gabah Kering Giling (GKG).

Target produksi GKG  sebesar itu diharapkan mampu terproyeksikan dari pengembangan areal tanam seluas 24.086 hektar, dengan prediksi luas panen sekitar 23.236 hektar.

Dengan target produksi sebesar 98.164 ton GKG itu berarti melampaui produksi pada tahun 2013  lalu yang hanya mencapai 97.377 ton GKG dengan luas tanam 23.142 hektare dan realisasi luas panen sekitar 23.165 hektare.

"Kami yakin 2014 target produksi sebesar 98.164 ton akan bisa tercapai. Seiring terus berlangsungnya program pembinaan yang dilakukan pemerintah daerah terhadap petani," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanpanak) Tanbu, Abdul Karim melalui Kepala Seksi Perlindungan Tanaman Pangan, Sri Yuliati, Kamis (8/10).

Sebagai langkah awal demi terwujudnya target produksi tersebut, katanya, sejak awal 2014 pemerintah daerah melalui Distanpanak telah menyalurkan berbagai macam bantuan berupa alat mesin pertanian (Alsintan) seperti hand traktor, pompa air, dan mesin pengolah lahan kering kepada kelompok tani.

Melalui bantuan tersebut diharapkan luas tanam dan hasil pengolahan tanah petani jadi lebih meningkat dan lebih berkualitas sehingga berdampak terhadap jumlah hasil panen yang semakin melimpah.

Sebelumnya Bupati Tanbu, Mardani H Maming juga mengharapkan melimpahnya hasil panen petani tahun ini menyusul banyaknya bantuan Alsintan dari pemerintah daerah dapat mendorong program nasional berupa target swasembada beras pada tahun 2018.

Harapan itu disampaikan oleh Mardani H Maming pada saat pelaksanaan panen raya bersama petani di Desa Saring Sungai Bubu Kecamatan Kusan Hilir  belum lama tadi.

"Untuk itulah kita perlu terus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat dan provinsi terkait usaha pertanian.  Agar target swasembada beras tahun 2018 nantinya tercapai dan sekaligus menjadi pendorong peningkatan kesejahteraan keluarga petani," katanya.

Panen raya yang berlangsung di Desa Saring Sungai Bubu adalah panen padi sawah dari jenis varietas Makongga yang dihasilkan petani. Luas panen padi ini ada sekitar 100 hektare  dengan potensi hasil panen rata-rata 6 ton per hektare. (Adv/relhum).

KETERANGAN :

FOTO 1. Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming saat panen  padi sawah di Desa Sarimg Sungai Bubu Kecamatan Kusan Hilir.

FOTO 2. Penyerahan bantuan peralatan pertanian oleh Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming. Melalui bantuan tersebut diharapkan  berdampak terhadap jumlah hasil panen yang semakin melimpah sehingga kesejahteraan para petani pun juga meningkat.

Powered by Telkomsel BlackBerry®


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved