Home » » Tanbu Siap Mengedepankan Program Swasembada Pangan

Tanbu Siap Mengedepankan Program Swasembada Pangan

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 02 Oktober 2014 | 09.57

Batulicin, Panen raya 2014 kali ini masih dilaksanakan di Desa Saring Sungai Bubu seperti tahun lalu. dikatakan Kepala Desa Saring Sungai Bubu, panen raya ini merupakan ritual syukuran masyarakat setempat atas rahmat dan rezeki yang diberikan melalui hasil pertanian yang ada di desanya.

"Panen raya  ini merupakan momentum silaturrahmi serta motifasi bagi masyaraka‎t agar bisa memacu hasil produksi yang lebih maksimal ditahun tahun yang akan datang. namun bagi masyarakat petani, kini masyarakat petani tengah menghadapi persoalan penunjang disektor ini, yakni diantaranyabjalan usaha tani, jalan desa serta irigasi pertanian" Ujar Kades Saring Sungai Bubu.

Sementara Mardani H Maming selaku Bupati Tanah Bumbubdalam sambutannya mengutarakan, program Jokowi Jk untuk masa kepemimpinan beliau mengedepankan program swasembada pangan dapat dipenuhi pada tahun 2018 mendatang. dengan demikian bakal banyak bantuan pertanian dari pusat untuk daerah. untuk itu ia berharap agar Tanah Bunmbub bisa ikut berperan serta terlibat sebagai lumbung padi nasional, dimana jika tahun tahun sebelumnya pertanian di Tanah Bumbu hanya mampu dilakukan masa pertanaman dua kali satu tahun, kedepannya diharapkan bisa mencapai 3 kali dalam setahun. Sehingga produktifitas pertanian bisa ditingkatkan lebih optimal lagi.

"sementara sesuai program dari pemerintah daerah saya selaku bupati di Tanah Bumbu telah mengucurkan bantuan hand tracktor, kemudian akan diberikan mesin pompa air, untuk melancarkan pengairan dari sungai menuju kawasan persawahan sebagai langkah awal perbaikan system irigasi yang ada" ujarnya.‎ ia menambahkan, bantuan tersebut tanpa pungutan biaya, "kalau ada dinas yang memubgut biaya, saya akan pecat, kalau ditelusuri masuk ranah Pidana, akan saya pidanakan". tegasnya.

dalam sambutannya ketika melakukan panen raya itu, untuk jalan usaha tani, dirinya memohon agar petani memberikan tanahnya untuk pembangunan jalan pertanian dengan lebar jalan maksimal angkutan roda empat. " jangan lebar satu meter, tapi kalau bisa luas jalan agar mobil bisa masuk mengangkut hasil pertanian‎. kedepan kalau bisa angkutan yang digunakan bukan sepeda motor lagi, kalau perlu mobil" ujarnya.

Terkait perhatian pemerintah‎ selama ini, Mardani mengakui memang belum maksimal, selain terkendala infrastruktur juga akibat lemahnya SDM di bidang ini. "sebagai contoh untuk pabrik pengering padi kita sudah buat perencanaanya, bahkan beberapa kali kita sudah mengirim instansi terkait untuk melakukan kajian di daerah lain yang telah memiliki pabrik pengeringan, namun sampai saat ini belum terealisasikan, saya masih coba mencari tahu apa dan dimana permasalahannya..sementara untuk masalah air irigasi kita saat ini tengah melakukan pembangunannya, bahkan untuk membantun di musim kemarau ini kita bagikan mesin pompa air cuma cuma" katanya.

dalam kegiatan panen raya, Mardani juga kembali membagikan bantuan bibit pertanian dan palawija serta bibit perkebunan seperti pohon mangga dan lainnya. bahkan juga alat bantu penyemprotan insektisida. (Ley)


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved