Home » » Dana Desa Diarahkan ke Sektor Produktif

Dana Desa Diarahkan ke Sektor Produktif

Written By Fokus Batulicin on Sabtu, 29 November 2014 | 09.15


BATULICIN – Wakil Bupati Tanah Bumbu (Wabup Tanbu) H. Difriadi Darjat meminta penggunaan  Alokasi Dana Desa (ADD) yang disalurkan oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu ke masing-masing desa agar diarahkan ke sektor-sektor produktif yang dampaknya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.
Menurut Wabup, dengan diarahkannya ADD kesektor produktif maka percepatan pembangunan dalam upaya mensejahterakan masyarakat pedesaan dapat terwujud.
Sektor produktif yang dimaksud tersebut yaitu penggunaan dana desa lebih mengutamakan kepentingan dan kebutuhan masyarakat desa.
"Sebagai contoh dari sektor produktif yaitu membangun jalan desa, penyaluran bibit tanaman, pemberdayaan masyarakat pedesaan, hingga menumbuhkembangkan sektor usaha masyarakat pedesaan," ujar Wabup H. Difriadi Darjat dalam sambutannya usai melantik 9 (Sembilan) Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Kantor Bupati Tanbu, Gunung Tinggi, Kamis (27/11) kemarin.
Dikatakan Wabup, pembangunan yang tidak terlalu mendesak hendaknya dapat ditunda terlebih dahulu. Apalagi pembangunan tersebut tidak terlalu berdampak langsung kepada masyarakat.
"Pembangunan  pintu gerbang desa yang memerlukan dana besar bisa ditunda pembangunannya dan lebih baik digunakan kearah sektor yang mensejahterakan masyarakat desa dan meningkatkan mutu pelayanan untuk masyarakat," ujar Wabup.
Untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu pada tahun 2015 rencananya akan menyalurkan dana sebesar 1 milyar 1 desa dalam rangka percepatan pembangunan diwilayah perdesaan.
Disisi lain, Wabup meminta agar pemerintahan desa, kepala desa (kades), bersama dengan BPD untuk menyusun sebanyak-banyaknya program pembangunan yang mensejahterakan masyarakat.
Kemudian, Wabup juga berharap kades dan BPD  dapat menjalin komunikasi yang harmonis dan dinamis.
"Kades dan BPD berperan penting dalam percepatan pembangunan didesa. Karena kades dan BPD merupakan satu kesatuan dalam menjalankan roda pemerintahan didesa," ujar Wabup.
Adapun Sembilan BPD yang dilantik yaitu BPD Danau Indah Kecamatan Batulicin, BPD Segumbang Kecamatan Batulicin, BPD Pasar Baru Kecamatan Kusan Hilir, BPD Gusunge Kecamatan Kusan Hilir, BPD Betung Kecamatan Kusan Hilir, BPD Sungai Danau Kecamatan Satui, BPD Wonorejo Kecamatan Satui, BPD Pandan Sari Kecamatan Karang Bintang, dan BPD Manunggal Kecamatan Karang Bintang. (relhum)
 Keterangan Foto : Wabup H. Difriadi Darjat saat melantik dan mengambil sumpah jabatan Ketua dan dan anggota Badan Permusyawaratan Desa, Kamis (27/11) di Kantor Bupati, Gunung Tinggi, Batulicin.
 
 

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved