Home » » ADVERTORIAL Tanbu Promosikan Produk UKM Di Hari Nusantara

ADVERTORIAL Tanbu Promosikan Produk UKM Di Hari Nusantara

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 02 Desember 2014 | 22.11

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) akan mempromosikan produk-produk dari pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) pada peringatan Hari Nusantara yang digelar di Kabupaten Kotabaru.
 
Pada peringatan Hari Nusantara yang digelar selama lima hari dari tanggal 9 hingga 13 Desember 2014 di Siring Laut Kabupaten Kotabaru tersebut, Pemkab Tanbu akan memamerkan produk UKM berupa meubel ukir-ukiran berbahan dasar Kayu Ulin, kain Tenun Pagatan, souvenir dari batok kelapa, hasil anyaman Ketak, dan sejumlah produk makanan dari hasil UKM yang lain.
 
Menurut Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menegah (Disperindagkop dan UKM) Andi Hasdar  melalui Kepala Bidang Perdagangan, Heriansyah,  keikutsertaan Pemkab Tanbu dalam pameran pembangunan dalam rangka Peringatan Hari Nusantara tersebut menjadi even penting bagi daerah.
 
Pasalnya di even itu, dipastikan sejumlah perwakilan daerah-daerah se Indonesia akan hadir di Kotabaru, sehingga menjadi kesempatan baik bagi Pemkab Tanbu untuk mengenalkan produk-produk unggulan UKM dari pengrajin Bumi Bersujud, apalagi pada kesempatan tersebut jika tak ada aral juga akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo beserta sejumlah menteri.
 
Pihaknya mengaku masih akan menambah lagi produk unggulan yang lain yang nantinya dipamerkan dalam acara tersebut. Koordinasi terus dilakukan dengan para pengarajin agar mereka bisa mengolah produk unggulan lagi yang terbaru dan unik. 
 
Melalui pameran di Hari Nusantara tersebut diharapkan ada pengusaha atau investor yang tertarik untuk mengembangkan dan sekaligus membeli produk unggulan olahan pelaku UKM Tanbu, atau bahkan akan ada investor yang bersedia bekerjasama dengan pelaku UKM untuk ikut memasarkan kembali produk kerajinan UKM Tanbu.
 
"Ini tentu akan berdampak terhadap lebih meningkatan kesejahteraan para pengrajin yang ada di Bumi Bersujud," katanya.
 
Bupati Tanbu, Mardani H Maming pun menyambut baik langkah yang dilakukan Disperindakop dan UKM dengan mengikuti pameran produk-produk UKM pada ajang peringatan Hari Nusantara di Kotabaru.
 
Bupati menambahkan, tidak sedikit potensi daerah Tanbu  yang layak dipromosikan kepada masyarakat luas di seluruh nusantara. Selain berupa hasil kerajinan lokal,  terkait dengan peringatan Hari Nusantara Mardani menyebutkan, Tanbu juga kaya akan potensi sumber daya laut yang harus dikembangkan sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang menjanjikan.
 
"Dengan potensi sektor kelautan  yang kita miliki, bisa dipastikan kelak kita akan menjadi daerah yang maju dan sejahtera. Namun  begitu, kita semua harus berkomitmen untuk melakukan langkah-langkah strategis sehingga potensi yang ada itu mampu menjadi sektor unggulan dan memberikan dampak nyata bagi kemajuan daerah," katanya(Adv/relhum).
 
KETERANGAN :
FOTO 1. Bupati Tanbu Mardani H Maming bersama Ketua Dekranasda Tanbu Hj. Erwinda Mardani saat melihat hasil kerajinan sektor UKM Tanbu berupa kain tenun khas pagatan saat mengikuti Expo di Jakarta.
FOTO 2. Hasil ukiran berbahan dasar limbah kayu ulin merupakan salah satu produk unggulan yang akan ditampilkan pada saat pameran pembangunan pada perinagatan Hari Nusantara di Kotabaru.
FOTO 3. Limbah kayu ulin bukan hanya diolah menjadi meubel tapi juga beragam produk lainnya seperti hiasan dinding dan hiasan meja.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved