Home » » Tingkatkan Kemampuan Siaga Bencana, TRC PB  Ikuti Pelatihan

Tingkatkan Kemampuan Siaga Bencana, TRC PB  Ikuti Pelatihan

Written By Fokus Batulicin on Senin, 29 Desember 2014 | 19.01



BATULICIN -  Sebanyak 30 orang Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC – PB) Kabupaten Tanah Bumbu  (Kab. Tanbu) mengikuti pelatihan penanganan penanggulangan bencana. Pelatihan  oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Tanbu tersebut dilaksanakan selama 5 (lima) hari di Pantai Pagatan Kecamatan Kusan Hilir.
Kepala BPBD Tanbu, H. Anwar Salujang mengatakan pelatihan dilaksanakan dalam rangka pemantapan sekaligus meningkatkan kapasitas kemampuan TRC PB  dalam hal penanganan darurat bencana di Kabupaten Tanah Bumbu.
"Sejauh ini, kemampuan personil BPBD Tanbu dan TRC PB sudah sangat baik, namun perlu lebih ditingkatkan lagi kemampuannya sehingga menjadi petugas yang siap siaga, cepat, tanggap dan menjadi petugas yang professional yang dapat meminimalisir terjadinya bencana dan jatuhnya korban jiwa serta harta," Ujar H. Anwar S, Rabu (24/12) di Pagatan.
Selain itu, dihadapan peserta pelatihan,  H. Anwar S, mengatakan menjadi relawan penanggulangan bencana merupakan  panggilan hati dan  sebagai relawan kita harus siaga 24 jam. Apalagi bencana alam datangnya tidak pernah terduga, untuk itu alat komunikasi harus aktif secara terus menerus.
"Seperti kita ketahui bersama, Kabupaten Tanah Bumbu juga berpotensi terjadinya bencana alam seperti tanah longsor, banjir, dan angin puting beliung. Petugas BPBD dan TRC PB dituntut untuk terus siaga 24 jam," ujar H. Anwar S.  
 Disisi lain, H. Anwar S juga mengatakan sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah dalam hal penanganan penanggulangan bencana pada saat datangnya bencana dan pasca bencana saat ini BPBD Tanbu memiliki peralatan yang menunjang dalam hal penanggulangan bencana seperti tenda untuk pengungsi, dapur umum, dan peralatan transportasi didarat, disungai dan dilaut.
Baru-baru tadi, ujar H. Anwar S, pihaknya juga  menerima peralatan penunjang lainnya berupa perahu karet dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat.
"Hubungan BPBD Tanbu dan BNPB Pusat berjalan dengan harmonis sejak terbentuknya BPBD Tanbu pada tahun 2010 yang lalu. Berbagai bantuan telah disalurkan pemerintah pusat untuk BPBD Tanbu baik itu berupa peralatan maupun pembangunan infrastruktur sepeti perbaikan jalan desa di Kecamatan Kusan Hulu yang hancur karena banjir," kata H. Anwar S.
Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Tanbu Bidang Pemerintahan, Ir. Superiadi menyambut baik dan mengapresiasi pelatihan yang dilaksanakan oleh BPBD Tanbu dalam rangka pemantapan sekaligus meningkatkan kapasitas kemampuan relawan dalam hal penanganan penanggulangan bencana di Kabupaten Tanah Bumbu.
Bupati juga berpesan kepada para peserta untuk mengikuti pelatihan dengan serius sehingga ilmu yang didapatkan dapat diterapkan  nantinya.
Saat  bencana datang, berbagai akibat pun terjadi seperti jatuhnya korban jiwa, harta dan benda, rusaknya infrastruktur, lumpuhnya perekonomian, hingga permasalahan social. Untuk itu kemampuan relawan dalam penangangan penanggulangan bencana perlu ditingkatkan.
Pelatihan pemantapan TRC PB dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 24 sampai 28 Desember 2014 di Pantai Pagatan Kecamatan Kusan Hilir. Materi pelatihan yaitu tupoksi TRC PB, baris berbaris, kaji cepat, water rescue, pertolongan didarat, pengelolaan logistic, pengelolaan dapur umum, manajemen pendataan, dan bongkar pasang tenda.
Sedangkan pemateri berasal dari BPBD Propinsi Kalimantan Selatan, Dinas Sosial Propinsi Kalimantan Selatan, Basarnas, Tagana, dan TNI. (rel)  
KETERANGAN :
FOTO 1. Kepala BPBD Tanbu H. Anwar S saat menyampaikan sambutan.
FOTO 2. Staf Ahli Bupati Tanbu Bidang Pemerintahan Ir. Superiadi mewakili Bupati Tanbu melakukan pemasangan kartu peserta pelatihan kepada perwakilan peserla.
 
 
 

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved