Home » » Pelajar Asing, Berkarya di Tanbu

Pelajar Asing, Berkarya di Tanbu

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 08 Januari 2015 | 19.42



BATULICIN – Puluhan mahasiswa Indonesia dan Australia penuh ikhlas memberikan pembinaan sekaligus berbagi pengalaman tentang seni dan budaya terhadap masyarakat di daerah pesisir tepatnya di Desa Mattone, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu).

Pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat di Desa Mattone adalah bagian pelaksanaan hasil program pertukaran pelajar antara Indonesia dan Autralia yang berlangsung sejak tanggal 21 Desember 2014 lalu.

Kegiatan ini akan berakhir pada tanggal 12 Januari 2015 mendatang," kata Kepala Desa Mattone, Andy Satria Jaya, di Batulicin, Rabu (7/1) kemarin.

Andy menambahkan, tak sedikit pengalaman baru yang bisa diambil masyarakat seiring keberadaan mahasiswa di desa tersebut. Berbagai kegiatan tentang pembelajaran lintas budaya telah memberikan banyak inpirasi pola hidup yang lebih baik bagi masyarakat di desa.

Secara umum kegiatan yang dilakukan mahasiswa bersama masyarakat antaralain menyangkut penanaman rasa cinta lingkungan, kesadaran terhadap pendidikan, kecintaan terhadap olah raga sampai dengan pelestarian potensi obyek wisata. 

Setidaknya ada sekitar 36 mahasiswa yang mengabdikan diri ke masyarakat di Desa Mattone. Terdiri atas 18 orang mahasiswa dari Australia dan 18 orang mahasiswa pendamping asli dari Indonesia. 

Mereka tidak segan-segan untuk berbagi pengalaman dengan masyarakat terkait bahasa asing (Bahasa Inggris), tehnik membuat makanan yang sehat, dan menumbuhkan semangat untuk menjaga kesehatan lingkungan.   

Bahkan, sebagian diantara mereka sempat meluangkan waktu berkunjung ke Kantor Bupati di Kelurahan Gunung Tinggi sekaligus melakukan Talk Show di  Radio Swara Bersujud yang ada di lingkungan perkantoran tersebut. (relhum)         

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved