Home » » Pencanangan Perbaikan Jaringan Irigasi Di Desa Sungai Danau

Pencanangan Perbaikan Jaringan Irigasi Di Desa Sungai Danau

Written By Fokus Batulicin on Jumat, 23 Januari 2015 | 15.19



BATULICIN – Program pencanangan perbaikan jaringan irigasi di Kabupaten Tanah Bumbu dilaksanakan di Desa Sungai Danau Kecamatan Satui, Selasa (20/1) kemarin.

Pencanangan perbaikan jaringan irigasi tersebut dapat terlaksana dengan adanya kerjasama Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan bersama dengan KODIM 1022 Tanah Bumbu dan didukung oleh Dinas Pekerjaan Umum Tanah Bumbu.

Peletakan batu pertama pencanangan jaringan irigasi di Desa Sungai Danau ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming yang diwakili oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ir. H. Riduan dan oleh Kasdim 1022 Tanbu Mayor Eko Budiono.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Tanbu, Abdul Karim,MM mengatakan pencanangan perbaikan jaringan irigasi di Desa Sungai Danau merupakan rangkaian dari program nasional Kementerian Pertanian bekerjasama dengan TNI yang dilaksanakan secara serentak diseluruh Kabupaten/Kota di Indonesia.

"Pencanangan ini merupakan rangkaian dari pencanangan secara nasional yang dilaksanakan oleh Presiden Joko Widodo di Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat. Dan untuk didaerah, Kabupaten Tanah Bumbu juga ikut melaksanakan program serentak itu di Desa Sungai Danau," Kata Abdul Karim.

Menurut Abdul Karim, kegiatan pencanangan perbaikan jaringan irigasi merupakan langkah awal dari kerjasama Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dengan KODIM 1022 Tanah Bumbu yang kemudian akan dilanjutkan lagi dengan program lainnya seperti optimalisasi lahan, GPPTT, penerapan gerakan tanam serentak dengan tekhnologi pertanian, pembentukan brigade olah tanah, olah tanam, pengendalian orgasme pengganggu tanaman (hama), brigade panen, dan pembangunan sarana dan prasarana pertanian beserta optimalisasi program pasca panen.  

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ir. H. Riduan menyambut baik dengan dilaksanakannya kerjasama Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dengan TNI dibidang ketahanan pangan.

Diharapkan dengan adanya kerjasama tersebut target swasembada ketahanan pangan ditahun 2017 dapat tercapai. Terlebih untuk Kabupaten Tanah Bumbu yang menargetkan pada tahun 2015 sudah swasembada beras. Dan diikuti pada tahun 2016 tanah bumbu menargetkan swasembada kedelai serta 2017 tanah bumbu swasmbada jagung.

Dengan tersedianya jaringan irigasi dan ditunjang dengan ketersediaan pupuk, bibit benih, alsintan, ketersediaan lahan, perubahan prilaku petani dan aparat pertanian maka target swasembada dapat tercapai khususnya swasembada beras ditahun 2015 dengan target produksi 130.000 ton GKG/Tahun.

Pencanangan perbaikan jaringan irigasi di Desa Sungai Danau dihadiri Kasdim 1022 Tanbu Mayor Eko Budiono beserta Danramil dan Babinsa, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan H. Riduan, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Hamaluddin Taher, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Tanah Bumbu H. Rahmad, Kepala Badan Penyuluh Pertanian Peternakan Perikanan Perkebunan dan Kehutanan Tanah Bumbu H. Mustaing, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tanah Bumbu Roy Rizali Anwar, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Tanah Bumbu Andi Hasdar, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Tanah Bumbu Hanif Faisol Nurrofiq, Camat Satui H. Setia Budi, Kades Sungai Danau, Muspika, Gapoktan, Poktan, Mantri Tani, dan PPL. (relhum)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved