Home » » Peringkat Adipura Tanbu Semakin Membaik

Peringkat Adipura Tanbu Semakin Membaik

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 21 Januari 2015 | 16.33



BATULICIN – Penilaian Adipura atau Penghargaan Kebersihan Lingkungan Kabupaten/kota tahun 2013-2014 telah dinilai. Dan menempatkan Kabupaten Tanah Bumbu berada diperingkat ke enam dari 13 Kabupaten/Kota di Propinsi Kalimantan Selatan.

Dengan telah dinilainya Adipura tersebut tentunya posisi Kabupaten Tanah Bumbu terus membaik setiap tahunnya. Sebelumnya peringkat Adipura Tanah Bumbu berada di peringkat ke 11 terkait kebersihan lingkungan perkotaan. Dan pada tahun 2014, peringkat Kabupaten Tanah Bumbu semakin membaik dengan berada diperingkat ke 6.

Membaiknya peringkat Kabupaten Tanah Bumbu tentunya disambut baik oleh berbagai pihak. Hal tersebut tentunya menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu serius pada pengelolaan kebersihan lingkungan.

Berbagai upaya tentunya telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) setempat seperti melakukan koordinasi dengan berbagai pihak seperti Dinas Pekerjaan Umum , Dinas Tata Kota Bangunan, Dinas Pasar dan Kebersihan, Dinas Pendidikan, dan instansi terkait lainnya dan pihak swasta serta masyarakat yang sangat mendukung.

Kepala BLHD Tanah Bumbu, Ir. Erno R Handoko, melalui Kepala Bidang Analisis Pengelolaan Kualitas Lingkungan, H. Tinus mengatakan membaiknya peringkat Adipura Kabupaten Tanah Bumbu dikarenakan peran serta masyarakat tentang kesadaran kebersihan lingkungan.

Kemudian, semakin membaiknya penataan kota, kebersihan lingkungan, pengelolaan sampah, keteduhan kota dan tanaman pohon pelindung, serta adanya TPA (Tempat Pembuangan Akhir).

"Ada 36 titik yang dinilai oleh Tim Penilai seperti kebersihan sekolah, kebersihan kantor, jalan, TPA, pertokoan, sungai, tanaman dan lainnya," ujar H. Tinus, Rabu (21/1) di Gunung Tinggi, Batulicin seraya mengatakan yang menjadi penilaian yaitu wilayah perkotaan.

Untuk meningkatkan prestasi agar lebih baik lagi pada tahun 2014-2015, BLHD Tanbu baru-baru tadi menggelar rapat gabungan bersama SKPD terkait untuk merumuskan perencanaan memperbaiki kekurangan pada tahun yang lalu serta membuat himbauan kepada masyarakat dan menyebarluaskan informasi melalui media Radio. (relhum)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved