Home » » Pembangunan Infrastruktur Masih Menjadi Prioritas 

Pembangunan Infrastruktur Masih Menjadi Prioritas 

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 17 Februari 2015 | 07.50


BATULICIN – Realisasi pembangunan bidang infrastruktur  tahun ini masih menjadi salah satu program prioritas pembangunan di lingkungan pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) selain bidang pendidikan dan bidang kesehatan.
Hal tersebut disampaikan oleh Bupati  Tanbu, Mardani H Maming pada saat sosialisasi Program Satu Milyar Satu Desa di Kecamatan Sungai Loban belum lama tadi. 

"Melalui Program Satu Milyar Satu Desa tahun ini pembangunan infrastruktur dapat kita lanjutkan.  Setidaknya tahap akhir pembangunan jalan lingkungan antar desa dan kecamatan nantinya dapat terselesaikan," kata Mardani H Maming.

Mardani menambahkan, sarana infrastruktur menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat Tanbu khususnya bagi mereka yang tinggal di perdesaan. Tak kalah pentingnya mereka juga membutuhkan sarana penampungan air atau embung untuk mengantisipasi kurangnya ketersediaan air pada saat musim kemarau. 

Semua rencana pembangunan yang di inginkan oleh masyarakat tersebut, katanya, mendapat perhatian serius dari jajaran pemerintah daerah. Dengan dorongan realisasi Program Satu Milyar Satu Desa, semua rencana prioritas pembangunan masyarakat desa diharapkan segera terlaksana sehingga percepatan dan pemerataan pembangunan di tingkat perdesaan juga bisa terwujud. 

Bupati menjelaskan, Program Satu Milyar Satu Desa sumber dananya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tanbu tahun anggaran 2015. Masing –masing pemerintah desa akan mendapat alokasi biaya percepatan pembangunan sebesar Rp.1 milyar melalui program tersebut. 

"Sebelumnya dana untuk pembangunan desa yang disalurkan pemerintah daerah hanya sebesar Rp. 250 juta per desa. Namun tahun ini anggarannya lebih besar hingga mencapai Rp. 1 milyar per desa," kata bupati.  

Terkait perbaikan jalan antar desa dan antar kecamatan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tanbu, Roy Rizali Anwar mengatakan,pihaknya tahun juga telah mengalokasikan dana sebesar Rp. 9.045.000.000. 

Sedangkan untuk pembangunan penampungan air atau embung pemerintah desa diharapkan dapat menggunakan sebagian dana dari Program Satu Milyar satu Desa.

"Anggaran untuk peningkatan perbaikan jalan sudah ada melalui Dinas PU dan kini  tinggal realisasinya saja. Semoga dalam waktu dekat dapat segera dikerjakan," ujar Roy. (Didi)


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved