Home » » Perketat Mutasi Lintas  Daerah Atasi Kekurangan PNS

Perketat Mutasi Lintas  Daerah Atasi Kekurangan PNS

Written By Fokus Batulicin on Jumat, 20 Februari 2015 | 09.45



BATULICIN-Keinginan mutasi Pegawai keluar Daerah semakin diperketat, hal ini dilakukan guna menghindari terjadinya kekurangan PNS baik dari struktural maupun tenaga fungsional termasuk para guru yang tersebar diwilayah Kabupaten Tanah  Bumbu.

Seperti dikatakan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tanah Bumbu DR. Ambo Sakka saat memberikan sambutan dalam acara pengukuhan 35 Kepala Sekolah dasar di Kantor Dinas Pendidikan Nasional setempat, Rabu (18/2) kemarin.

"untuk memperketat adanya PNS yang akan mutasi lintas daerah  , tentunya di dasari oleh alasan yang jelas. Bagi PNS Wanita harus memberikan alasan atas mengikuti suami yang bekerja di luar daerah, sedangkan PNS Pria tidak berlaku untuk mutasi kalau hanya untuk mengikuti istri" tegasnya.   

Ambo Sakka membeberkan, PNS yang mengajukan mutasi lintas daerah sekitar  20 orang tiap tahunnya, kalau dibiarkan, maka permasalahan terkait kekurangan tenaga Pegawai di Kabupaten Tanah Bumbu tak akan selesai, baik tenaga struktural maupun tenaga fungsional.

Menurutnya, Jumlah PNS di Tanah Bumbu sekitar 4.290 sedangkan  kekurangan Pegawai sekitar 2000, walaupun kita baru saja menyelesaikan tahapan penerimaan CPNS, tentunya kembali pada kuota yang terbatas atas ketentuan Pemerintah Pusat  yang hanya sebatas 316  dari peserta yang lulus CPNSD 2014.

 Persoalan lainnya yang sedang dihadapi Pemerintah Daerah terkait kekurangan  PNS, lanjut dia  telah berdampak  pada kebutuhan ditingkat struktural" beberapa SKPD telah mengeluhkan atas kekurangan pegawai, bahkan ada pejabat esselon IV yang baru dilantik tapi tidak memiliki staf, walaupun ada, hanya sebatas pegawai honorer" terangnya.

Ambo juga menegaskan. Upaya lainya yang sudah dilakukan BKD Tanbu untuk mengantisipasi kekurangan Pegawai, para CPNSD yang baru lulus harus menandatangani kontrak kerja diatas materai dengan ketentuan sanggup tidak pindah kerja keluar daerah selama masa kerja 20 Tahun, jika ketentuan tersebut tidak dipatuhi maka CPNS tersebut sanggup membayar denda 100 Juta Rupiah.

Sementara itu dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Nasional Ir. Sartono mengukuhkan sedikitnya 35  Kepala Sekolah Dasar yang tersebar di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.

Dalam sambutan Bupati Tanah Bumbu yang dibacakannya berpesan kepada para Kepala Sekolah Dasar yang baru dikukuhkan, agar lebih mengedepankan manajerial sekolah yang profesional, pasalnya profesionalitas Kepala Sekolah Dasar menjadi tolak ukur kualitas anak didik kedepannya.

Terlebih lagi kata dia, dunia pendidikan sangatlah   dinamis, kebijakan dan peraturan baru akan selalu berubah, untuk itu peranan  Kepala Sekolah sangat vital guna menghadapi tantangan dunia pendidikan yang kian maju. (relhum)


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved