Home » » Tanbu Bebas Ikan Berformalin 

Tanbu Bebas Ikan Berformalin 

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 17 Februari 2015 | 07.52


BATULICIN – Pemerintah Propinsi Kalimantan Selatan (Pemprop Kalsel) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kalsel bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu (DKP Tanbu) melaksanakan pengawasan rutin ikan berformalin, baru-baru tadi.

Pengawasan rutin tersebut dilakukan dalam rangka pengambilan sampel ikan untuk mencegahnya penggunaan zat berbahaya jenis formalin yang digunakan ke ikan serta untuk menjamin kesehatan konsumen.

Kepala DKP Tanbu Ir. H. Rahmad melalui Kasi Bina Usaha Pengolahan Hasil dan Mutu Perikanan, Erni Indriani, S.Pi, Senin (16/2) kemarin mengatakan pengambilan sampel ikan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh DKP Kalsel bekerjasama dengan DKP Tanbu.

Dalam pengawasannya, DKP Kalsel rutin datang ke Tanbu pertiga bulan sekali untuk mengambil sampel ikan. Selanjutnya, sampel tersebut akan diuji Laboratorium Pengujian dan Pengendalian Mutu Hasil Perikanan (LPPMHP) UPT DKP Kalsel.

Untuk mengetahui hasil dari uji laboratorium tersebut, kata Erni, pihaknya akan secepatnya menerima hasil uji laboratorium  berdasarkan pemberitahuan dari DKP Kalsel.

"Hasil uji laboratorium pengambilan sampel ikan tanggal 12 dan 13 Pebruari 2015 kemarin secepatnya akan diberitahukan ke DKP Tanbu. Dan jika ditemukan ada ikan berformalin maka akan dilakukan penertiban dan pembinaan secepatnya," ujar Erni. 

Selama ini, dikatakan Erni, ikan-ikan yang dijual dipasaran di Tanbu dari hasil uji laboratorium dinyatakan bebas dari formalin atau aman untuk dikonsumsi masyarakat.

"Sejauh ini, sampel ikan hasil uji laboratorium yang selama ini dilakukan oleh DKP Kalsel tidak ditemukan bahan formalin. Artinya ikan yang dijual dipasaran kita bebas formalin," ujar Erni seraya mengatakan terakhir pada bulan Desember 2014 DKP Kalsel mengeluarkan hasil uji laboratorium sampel ikan di Tanbu dinyatakan bebas formalin.

Adapun kedatangan DKP Kalsel ke Tanbu selama 2 (hari). Dan tempat pengambilan uji sampel ikan yaitu tanggal 12 Pebruari 2015 di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Batulicin dan 13 Pebruari 2015 di  Pasar Pagatan Kecamatan Kusan Hilir. Sedangkan ikan yang diambil sampelnya tersebut yaitu ikan basah dan ikan kering atau ikan asin. (relhum)

Konfirmasi selengkapnya hubungi :
Bu Erni di 081351262262
Ciri – ciri Ikan Berformalin :
  1. Tidak Rusak sampai tiga hari pada suhu kamar 25 derajat celcius
  2. Warna insang merah tua dan tidak cemerlang, bukan merah segar
  3. Warna daging ikan putih bersih
  4. Bau menyengat, bau formalin dan kulit terlihat cerah mengkilat
  5. Daging kenyal
  6. Lebih awet dan tidak mudah busuk walau tanpa pengawet es
  7. Ikan berformalin dijauhi lalat
  8. Tidak berasa bau amis ikan
Ciri – ciri ikan asin berformalin :
  1. Tidak rusak sampai lebih dari sebulan pada suhu kamar 25 derajat celcius
  2. Warna bersih dan cerah
  3. Tidak berbau khas ikan asin dan tidak mudah hancur
  4. Tidak dihinggapi lalat bila diletakkan ditempat terbuka


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved