Home » » Tanbu Tingkatkan Hasil Produksi 101.747 Ton

Tanbu Tingkatkan Hasil Produksi 101.747 Ton

Written By Fokus Batulicin on Kamis, 05 Februari 2015 | 09.40

BATULICIN – Terhitung hingga akhir tahun 2014 Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) telah berhasil meningkatkan hasil produksi pertanian sebesar 101.747 ton berupa Gabah Kering Giling (GKG).

"Jumlah ini lebih besar dibandingkan hasil produksi padi tahun 2013 yang hanya mencapai 86.334 ton Gabah Kering Giling," Kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanpanak), Abdul Karim di Batulicin belum lama tadi.

Meningkatnya hasil produksi, tambahnya, tidak lepas dari upaya pemerintah daerah dalam mendorong masyarakat petani agar mereka lebih semangat untuk menggarap lahan sekaligus menerapkan sistem tanam dua kali setiap tahunya.

Hal ini juga didukung dengan banyaknya penyaluran bantuan oleh pemerintah daerah kepada para petani berupa Alat-alat Mesin Pertanian (Alsintan), upaya pendampingan melalui tenaga penyuluh dilapangan, dan adanya Gerakan Penerapan Pengelolaan Tanaman Terpadu (GPPTT) serta Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SLPTT) yang semuanya itu bertujuan untuk memberikan kontribusi terhadap peningkatan produksi padi di Bumi Bersujud.

Tahun ini pemerintah daerah, kata Abdul Karim, akan kembali mentargetkan hasil produksi padi sebesar 130.950 ton GKG dengan target luas tanam 30.000 Hektar. Target tersebut dipastikan akan mudah tercapai mengingat hasil evaluasi selama dua tahun terakhir jumlah produksi padi di Tanbu terus mengalami peningkatan.

Demi mencapai program tersebut, jelas Abdul Karim, pihak Distanpanak juga mulai memprogramkan berbagai kegiatan kerjasama dengan jajaran TNI di bidang ketahanan pangan dan pemanfaatan lahan tidur.
Termasuk dengan pembuatan siring usaha tani, penyaluran bantuan mesin perontok padi, mesin penanam padi, mesin pemanen padi, dan bantuan pompa air untuk mempermudah kinerja petani.

Secara terpisah Bupati Tanbu, Mardani H Maming menyatakan, banyak program penyaluran bantuan pada sektor pertanian adalah wujud keseriusan pemerintah untuk lebih meningkatkan kesejahteraan petani di daerah.

Upaya ini sekaligus diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata terhadap program swasembada pangan secara nasional tiga tahun yang akan datang.

"Sehingga, kehidupan petani di daerah lebih sejahtera dan target swasembada pangan secara nasional sekaligus bisa terpenuhi," katanya. (relhum)

Keterangan

FOTO 1. Sekretaris Daerah (Sekda) Tanbu Drs. Said Akhmad, MM menyerahkan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada Kelompok Tani (Poktan). Bantuan Alsintan dari Pemkab Tanbu tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan produksi padi Kab. Tanbu.
Foto 2. Petani saat melakukan panen. Dengan meningkatkan produksi padi diharapkan berdampak pula pada perekonomian petani di Kab. Tanbu.
Foto 3. Untuk meningkatkan produksi padi, Pemerintah Kabupaten Tanbu juga terus meningkatkan kemampuan petani melalui peningkatan sumberdaya manusia dengan berkunjung ke daerah lain.
Foto 4. Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming saat melakukan panen raya bersama para petani di Kabupaten Tanah Bumbu.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved