Home » » Produksi Ikan Tanbu Capai 46 Ton Pertahun

Produksi Ikan Tanbu Capai 46 Ton Pertahun

Written By Fokus Batulicin on Minggu, 29 Maret 2015 | 07.25

BATULICIN – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu (Dislutkan Tanbu) Ir. H. Rahmad mengatakan  ikan hasil tangkapan nelayan tanbu sangat diminati konsumen dari luar daerah.

Dari data yang ada, kata H. Rahmad, jumlah produksi perikanan Tanbu pada tahun 2014 sebanyak 46 ton lebih.  Sedangkan kebutuhan konsumsi ikan pertahun berdasarkan jumlah penduduk, maka total konsumsi masyarakat Tanah Bumbu sebanyak 14 ribu ton/tahunnya. Dari total tersebut artinya ikan di Tanbu masih melimpah. Dan kelebihan tersebut dipasarkan ke seluruh daerah di  Kalimantan Selatan (Kalsel) dan diluar propinsi Kalsel.
"Geliat sektor perikanan di Kabupaten Tanah Bumbu  terlihat dari aktifitas setiap paginya di Pelabuhan Pelelangan Ikan (PPI) Simpang Empat yang setiap harinya terlihat sekitar 500 lebih pembeli yang berkendaraan roda dua dan roda empat yang bertransaksi untuk membeli dan mencoba memasarkan kembali hasil tangkapan nelayan baik untuk dijual kedalam daerah maupun keluar daerah," ujar H. Rahmad, Selasa (24/3) kemarin di Batulicin.
Adapun tujuan daerah pemasarannya, kata H. Rahmad, yaitu wilayah Banjarmasin, Hulu Sungai, bahkan ada yang ke Kalimantan Timur.
 Selain itu, kata H. Rahmad, berdasarkan hasil uji laboratorium dari Dinas Perikanan Propinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Tanbu, bahwa ikan yang dijual dan dipasarkan di pasar-pasar tradisional di Tanbu tidak mengandung formalin atau bebas dari zat kimia berbahaya. Sehingga dengan tidak ditemukannya formalin dan zat kimia berbahaya semakin menggeliatkan sektor perikanan di Bumi Bersujud.
Selain focus pada peningkatan sektor produksi perikanan, pemerintah daerah  juga terus berkomitmen untuk mendorong dinamika perekonomian nelayan melalui pemgembangan sektor pengolahan dan pemasaran hasil perikanan.
Kegiatan usaha hasil perikanan di Kabupaten Tanah Bumbu terus tumbuh dan berkembang, hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya usaha industry kecil penjual hasil pengolah perikanan yang tersebar disepanjang jalan Pagatan Kecamatan Kusan Hilir.
Adapun olahan hasil perikanan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu seperti kerupuk ikan, amplang, bakso ikan, ikan asin, dan terasi. (relhum)
 
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved