Home » » 27 Tim Ikuti Lomba Dayung Perahu Naga di Pagatan

27 Tim Ikuti Lomba Dayung Perahu Naga di Pagatan

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 28 April 2015 | 11.55

BATULICIN – Sebanyak 27 Tim mengikuti Lomba Dayung Perahu Naga se-Kalimantan dan Sulawesi dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu) ke 12 dan Pesta Laut Mappanretasi tahun 2015 yang dilaksanakan di Pantai Pagatan Kecamatan Kusan Hilir 22-23 April 2015.

Lomba Dayung dibuka langsung oleh Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Difriadi Darjat didampingi Camat Kusan Hilir Nahrul Fajeri, Rabu (22/4) di Pantai Pagatan.

Ketua Panitia Pelaksana Lomba Dayung Perahu Naga Tanbu, Syamsisar mengatakan lomba dayung perahu naga merupakan event tahunan yang dilaksanakan di Pantai Pagatan.

Syamsisar  yang juga Ketua Harian PODSI (Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia) Tanbu, mengatakan lomba pada tahun ini akan menarik dan penuh dengan persaingan, karena peserta lomba bukan hanya dari Propinsi Kalimantan Selatan saja, namun juga diikuti peserta dari Kalimantan Timur seperti Balikpapan dan Tanah Grogot.

"Perlombaan semakin seru karena peserta ada yang berasal  dari luar Kalsel dan ada juga yang dari TNI AL dan Polri," ujar Syamsisar seraya mengatakan perwakilan dari Sulawesi mengurungkan niatnya untuk mengikuti lomba dikarenakan biaya operasional.

Adapun total  hadiah pada ajang Lomba Dayung Perahu Naga Tahun 2015 sebesar Rp. 28 Juta sekaligus memperebutkan Piala Bergilir Bupati Tanah Bumbu untuk kategori Umum dan memperebutkan Piala Bergilir Danlanal Kotabaru untuk kategori Pelajar.

Untuk Juara Pertama Kategori Umum mendapatkan Hadiah Sepeda Motor + Rp. 1 Juta dan Piala bergilir dari Bupati. sedangkan  Juara Pertama Kategori Pelajar mendapatkan Hadiah Rp. 6 juta + Piala bergilir dari Danlanal Kotabaru.

Dikatakan Syamsisar, Lomba Dayung Perahu Naga akan terus dilaksanakan dan masih akan berlanjut  sebagai wujud bagian dari mensukseskan program olahraga Dayung di Tanah Bumbu. Dan kedepannya event yang sama akan dilaksanakan pada Bulan Oktober-November 2015 di Sungai Batulicin Kecamatan Batulicin.

"Lomba seperti ini sangat baik untuk dilaksanakan. Utamanya ditumbuhkembangkan dikalangan usia muda. Kita ingin pemuda Tanbu sehat dan berprestasi," ujar Syamsisar.

Wakil Bupati Tanbu, H. Difriadi Darjat mendukung penuh dengan dilaksanakannya lomba dayung perahu naga sebagai bentuk kecintaan terhadap budaya daerah sekaligus pula mensukseskan olahraga dayung di Bumi Bersujud.

Selain itu, melalui ajang lomba seperti ini, menurut Wabup, hendaknya dapat menjalin tali silaturahmi antar daerah dan sesama atlet dayung.

Pemerintah daerah, sebut Wabup, akan terus mendorong agar olahraga dayung dapat berkembang dan berprestasi kedepannya.

"Saya berharap, suatu saat nanti kita bisa melaksanakan lomba yang sama namun sudah bertaraf internasional. Dan pesertanya berasal dari negara lain, seperti Thailand, Malaysia, Filipina dan negara lainnya," harap Wabup.

Kepada peserta lomba dan juri perlombaan, Wabup berpesan agar mengutamakan semangat sportifitas.

Untuk diketahui, juri lomba dayung perahu naga merupakan juri berstandart Asia. Adapun peserta lomba sebanyak 27 tim dengan rincian 18 Tim Kategori Umum, dan 9 Tim Kategori Pelajar.

Lomba dayung perahu naga dapat terlaksana dengan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Lanal Kotabaru, KONI Tanbu, PODSI Kalsel, PODSI Tanbu, dan berbagai pihak lainnya. (relhum)

KET FOTO 1. Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Difriadi Darjat menyerahkan dayung sebagai  tanda dibukanya Lomba Dayung Perahu Naga Tahun 2015 di Pantai Pagatan Kabupaten Tanah Bumbu, Sabtu (22/4).  
  


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved