Home » » HUT KE 12 KAB. TANAH BUMBU

HUT KE 12 KAB. TANAH BUMBU

Written By Fokus Batulicin on Senin, 13 April 2015 | 08.29

Gubernur Kalsel : Tanah Bumbu Cerminan Keberhasilan Otonomi Daerah

BATULICIN – Gubernur Kalimantan Selatan H. Rudy Ariffin memuji keberhasilan Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming dalam membangun daerah dalam lima tahun terakhir.
Menurutnya, Kabupaten Tanbu di bawah kepemimpinan Mardani H Maming telah mengalami kemajuan dalam hal pembangunan daerah. Hal tersebut karena upaya dan kerja keras dari Bupati Tanbu beserta jajaran pemerintah daerah dengan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat.

"Dipimpin Bupati Mardani, Tanbu sangat cepat perkembangan pembangunannya, bahkan melebihi daerah lain di Kalimantan Selatan," ujar Gubernur H. Rudy Ariffin saat menyampaikan sambutannya pada Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tanah Bumbu ke 12 di Gunung Tinggi, Batulicin, Rabu (8/4) kemarin.

 Diusianya yang menginjak 12 tahun Kabupaten Tanah Bumbu dapat dilihat dan saksikan berbagai kemajuan yang diperoleh Tanbu diberbagai bidang yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di Bumi Bersujud.

Bukti majunya daerah tersebut dilihat dari keberhasilan dalam membangun daerah dan penghargaan yang diraih oleh Kab Tanbu. Keberhasilan pembangunan tersebut mulai dari pembangunan ekonomi, pembangunan bidang kesehatan, pembangunan bidang pendidikan, pembangunan sektor pertanian, pembangunan sektor pariwisata, peningkatan kualitas sumberdaya manusia dan berbagai pembangunan infrastruktur.

" Bukan kerja yang mudah untuk bisa memberikan pelayanan pendidikan  gratis, pelayanan kesehatan gratis, dan menyalurkan  Satu Milyar Satu Desa  jika tidak sungguh-sungguh dan bekerja keras. Namun program tersebut dapat berjalan dengan baik," ujar Rudy seraya mengatakan Kabupaten Tanah Bumbu merupakan Daerah Muda Yang Berjaya.
Keberhasilan dalam membangun daerah yang dilakukan oleh Kab. Tanbu merupakan cerminan dari tujuan otonomi daerah yakni percepatan pembangunan, peningkatan kesejahateraan dan menghadirkan kemudahan pelayanan bagi masyarakat.

Keberhasilan pembangunan ini, pesan Gubernur, harus bisa dipertahankan dan ditingkatkan lagi. Terlebih dalam menggali potensi daerah untuk mensejahterakan masyarakat Tanbu.

"Keberhasilan membangun bukan hanya digambarkan dari berdirinya gedung dan kantor saja, namun juga memperhatikan Sumberdaya Manusia  dan sejauh mana masyarakat bisa menikmati hasil pembangunan tersebut. Oleh karena itu orientasi pembangunan harus memperhatikan pula dampak pembangunan terhadap lingkungan. Agar terwujud pembangunan yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat,"  pesan Gubernur.
 
Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming mengatakan Kabupaten Tanah Bumbu terus berkomitmen untuk terus mengejar ketertinggalan dari daerah lain di Indonesia khususnya di Propinsi Kalimantan Selatan.

Dalam upaya mengejar ketertinggalan tersebut maka Kab. Tanbu terus membangun daerah. Sejak tahun 2010 yang lalu beragam pembangunan daerah yang berbasis kerakyatan sudah direalisasikan dan berlanjut hingga sekarang. Program pembangunan tersebut terangkum kedalam Tri Dharma Pembangunan yang mana komponen didalamnya meliputi program pembangunan bidang kesehatan, pembangunan bidang pendidikan, dan pembangunan infrastruktur.

Melalui program tersebut pemerintah daerah telah mampu mewujudkan tatanan daerah yang bergerak maju dan sejahtera. Melalui program Tri Dharma Pembangunan telah merealisasikan program pembangunan berbasis kerakyatan yang terimplementasi melalui pemberian pelayanan pendidikan gratis yang telah banyak membawa kemajuan khususnya dalam upaya menurunkan angka siswa putus sekolah dan meningkatkan angka melek huruf. 

Program pendidikan gratis dikhususkan untuk memfasilitasi anak putus sekolah usia sekolah dan keluarga yang kurang mampu yang tak bersekolah.  Dengan program itu pula, maka pemkab tanbu membiayai pendidikan paket A, paket B, Paket C dan keaksaraan fungsional bagi masyarakat buta aksara.

"Pemerintah daerah berkomitmen tidak ada lagi anak usia sekolah di Kab. Tanbu yang tidak bersekolah dan tidak mengeyam dunia pendidikan," ujar Mardani.

Dibidang kesehatan gratis, menurut Mardani, telah  direalisasikan pelayanan kesehatan gratis yang tak lain untuk memfasilitasi masyarakat miskin dan kurang mampu yang sakit dan ingin menjalani pengobatan di Puskesmas atau RSUD namun tak punya biaya. Dengan program itu pemerintah daerah membiayai pengobatan masyarakat karena pemerintah daerah telah menganggarkan biaya pengobatannya didalam APBD Tanbu.Yang mana program kesehatan gratis tersebut meliputi layanan rawat inap, rawat jalan, dan cesar garis.

Sedangkan dibidang pembangunan infrastruktur, pemerintah daerah terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas infrastruktur jalan. Yang mana peningkatan pembangunan infrastruktur jalan berdampak bagi kebutuhan masyarakat .

Kualitas jalan yang baik tentunya berdampak pula pada peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya diperdesaan.

"Sekarang jalan kabupaten, jalan kecamatan, jalan desa dan kelurahan, hingga pada jalan lingkungan telah ditingkatkan kualitasnya. Kami berharap semakin baiknya kualitas jalan maka semakin membaik pula ekonomi masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu," ujar Mardani.

Kemudian, guna menggerakkan dinamika pembangunan didaerah agar lebih maksimal lagi, maka di Tahun 2015, pemerintah daerah menggulirkan program berbasis perdesaan melalui Program Satu Milyar Satu Desa yang mana anggarannya berasal dari APBD Kabupaten Tanah Bumbu.  

"Target program tersebut yaitu pemerataan pembangunan diwilayah pedesaan. Menghilangkan perbedaan yang mencolok antara desa yang mempunyai potensi ekonomi tinggi dengan desa-desa yang secara ekonomi masih cenderung belum mampu berdikari dalam menyelenggarakan pembangunan didesa," ujar Mardani.

Segala pembangunan yang telah dilakukan oleh Pemkab Tanbu tersebut tidak akan dapat tercapai jika tidak ada dukungan dari semua lapisan masyarakat di Bumi Bersujud dan juga dukungan besar dari Pemprov Kalsel dibawah kepemimpinan Gubernur H. Rudy Arifin. (relhum)
 
 

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved