Home » » Distanpanak Kirim Petugas Tekhnis Peternakan Ikuti Lomba Tingkat Propinsi

Distanpanak Kirim Petugas Tekhnis Peternakan Ikuti Lomba Tingkat Propinsi

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 05 Mei 2015 | 11.30

BATULICIN – Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Tanah Bumbu (Distanpanak Kab. Tanbu) mengikutsertakan petugas tekhnis peternakan terbaiknya untuk mewakili Kab. Tanbu pada Lomba Kelompok Tani Ternak (KTT) dan Lomba Petugas Tekhnis Peternakan Berprestasi (PTPB) Tahun 2015 Tingkat Propinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Lomba yang dilaksanakan oleh Dinas Peternakan Propinsi Kalimantan Selatan tersebut  bertujuan untuk memotivasi dan mengapresiasi kinerja petugas tekhnis peternakan dan kelompok tani ternak dalam upayanya untuk meningkatkan pembangunan disektor peternakan.

Kepala Distanpanak Tanbu, Abdul Karim mengatakan peserta yang mewakili Kabupaten Tanah Bumbu ketingkat Propinsi  tersebut merupakan hasil binaan dari Distanpanak Tanbu yang telah berprestasi ditingkat Kabupaten.

Adapun Kelompok Peternak yang mewakili Tanbu yaitu Peternak Jaya Desa Sumberbaru Kecamatan Angsana, Kelompok Peternak Sumber Makmur Desa Batarang Kecamatan Kusan Hilir dan Kelompok Peternak Rojokoyo Desa Sidomulyo Kecamatan Mantewe kategori sapi potong.

Sedangkan untuk petugas tekhnis peternakan yaitu drh. Budi Pahalawan dari Puskeswan Sebamban kategori Dokter Hewan, Hanafi dari Puskeswan Angsana Kategori Paramedik, dan Warsito dari Pos IB Giri Mulya untuk kategori Inseminator/mantra kawin suntik.

Sebelum mengikuti lomba ketingkat propinsi, Distanpanak Tanbu terlebih dahulu memberikan pembekalan kepada peserta lomba.

 "Pembekalan diberikan untuk mendorong semangat peserta lomba. Selain itu, juga untuk pembenahan dari aspek tekhnis, baik manajemen pemeliharaan, dinamika kelompok kas kelompok, pembukuan dan sebagainya," ujar Abdul Karim, Jumat (26/4) di Gunung Tinggi Batulicin.

Terkait peluang untuk berprestasi ditingkat Propinsi, Abdul Karim mengatakan masih terbuka lebar karena kapasitas peserta antar Kabupaten bisa dikatakan cukup merata.

"Memang ada Kabupaten lain yang lebih kelihatan menonjol untuk beberapa kategori seperti Kabupaten Tanah Laut untuk Kategori Sapi Potong dan Kabupaten Hulu Sungai Utara untuk Kategori Itik. Tetapi hal tersebut tidak mengecilkan semangat kami untuk dapat berprestasi lebih baik lagi," kata Abdul Karim.

Untuk prestasi, menurut Abdul Karim, Kab. Tanbu tidak kalah dengan Kabupaten lain di Kalsel. Pada tahun 2009 saja, untuk kelompok peternak kambing pernah meraih juara 1 dan untuk kelompom sapi potong pernah meraih juara 2. Sedangkan pada tahun 2014, untuk kategori Dokter Hewan meraih juara 2, dan Paramedik Juara 3. (relhum)
 
 
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved