Home » » KPU Siapkan Gembok Untuk Masing Masing Calon Kandidat

KPU Siapkan Gembok Untuk Masing Masing Calon Kandidat

Written By Fokus Batulicin on Sabtu, 30 Mei 2015 | 09.23

‎Batulicin, Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Tanah Bumbu berencana bakal menyediakan Gembok tambahan yang disediakan bagi tiap Kandidat untuk dipasangkan pada Kotak Pemilihan Suara di Tiap TPS. Hal itu dinyatakan Drs. Samsani selaku Ketua KPU Tanah Bumbu guna meminimalisir prasangka, tudingan ataupun perbuatan yang dinilai melanggar hukum. 

"kalau ada tiga kandidat yang maju bersaing dalam pilkada, maka tiga gembok akan kita siapkan masing masing di kotak surat suara. kuncinya dipegang masing masing kubu, pada saat penghitungan suara maka akan kita persilahkan semua kandidat membuka gemboknya" ujar Samsani, ketika menghadiri rapat konsolidasi dan sosialisasi tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2015 di hadapan seluruh Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Tanah Bumbu di Aula Mahligai Bersujud, Kecamatan Simpang Empat, Selasa lalu.

‎sementara Bupati Tanah Bumbu (Tanbu), Mardani H Maming berharap Pemilukada Bupati yang bakal digelar serentak di seluruh Indonesia bisa berjalan aman, tertib dan sportif. Hal itu diungkapkan Mardani saat membuka rapat konsolidasi dan sosialisasi tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2015 di hadapan seluruh Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Tanah Bumbu di Aula Mahligai Bersujud, Kecamatan Simpang Empat, Selasa (19/5/2015).

Menurut Mardani, masih banyak asumsi negatif terhadap penyelenggaran pemilukada sering menjadi  perdebatan di masyarakat, terutama dari pihak yang merasa kalah dalam pertarungan Pemilukada tersebut. Apalagi yang yang menjadi sorotan dari masyarakat adalah pihak incumbent.

"Seakan-akan apabila incumbent memenangkan kembali pemilihan tersebut, ada upaya merekayasa surat suara maupun ada main dengan pihak KPU maupun Panwaslu setempat," kata dia.

Menurut Bupati, Untuk meminimalisir anggapan miring terhadap pelaksnaan pemilukada nanti, ia berharap KPU bisa melakukan perbaikan sistem pelaksanaan pemilukada. Dengan perbaikan sistem  yang lebih baik, kata dia, akan menepis tuduhan-tuduhan  yang tidak berdasar dari berbagai pihak.

"Sehingga pihak yang  kalah tidak merasa dikalahkan dan yang menang bukan berarti pihak yang sengaja dimenangkan," kata bupati yang baru saja terpilih menjadi Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) tersebut.

Ia menjelaskan Ada beberapa langkah strategis yang harus dilakukan pihak KPU  Tanbu dalam upaya menepis tuduhan miring atas kecurangan pemilukada yang sering menjadi sorotan masyarakat. Langkap strategis yang paling utama yakni pengamanan terhadap kotak suara harus dilakukan secara optimal. (ley).





Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved