Home » » Tanbu Siapkan Lahan Seluas 22 Hektar Untuk Kembangkan Cabe

Tanbu Siapkan Lahan Seluas 22 Hektar Untuk Kembangkan Cabe

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 05 Mei 2015 | 11.21



BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanpanak) menyiapkan lahan untuk pengembangan tanaman holtikultura untuk komoditi cabe merah dan cabe rawit.

Kepala Distanpanak Tanbu, Abdul Karim, Senin ( 27/4) di Batulicin mengatakan lahan yang disiapkan untuk pengembangan tanaman cabe seluas 22 Ha yang tersebar di seluruh Kecamatan di Tanbu.

"Tanaman cabe yang dikembangkan tersebut yaitu Cabe Rawit seluas 7 Hektar dan Cabe Rawit seluas 15 Hektar," ujar Abdul Karim seraya mengatakan  dana pengembangan komoditi cabe merah dan cabe rawit di Tanbu tersebut bersumber dari dana APBN-P Tahun 2015.

Dijelaskan Abdul Karim, cabe merupakan komoditi yang bukan unggulan, namun komoditi tersebut dapat mempengaruhi inflasi karena harganya  yang berfluktuasi dan sangat diperlukan pada momen-momen tertentu seperti bulan ramadhan dan lebaran.

Dengan dikembangkannya tanaman cabe tersebut, kata Abdul Karim, diharapkan pasokan pada saat ramadhan dan lebaran dapat terpenuhi oleh produsen khususnya petani dipasar-pasar lokal Tanbu sehingga berdampak pula pada peningkatan perekonomian masyarakat petani di Bumi Bersujud.

Sementara itu, Kasi Produksi TPH, Arbani, STP mengatakan realisasi tanam untuk pengembangan cabe akan dilaksanakan pada musim kering tahun 2015.

"Kegiatan ini ditujukan untuk pertanaman di musim kering. Untuk mensukseskan pengembangan tanaman tersebut maka pemerintah daerah akan terus memberikan sarana pendampingan dan penyuluhan kepada kelompok tani serta fasilitas penunjang lainnya seperti Ph Meter, Sprayer Elektrik, Benih, Saprodi, Keranjang Panen, hingga pada sarana irigasi," ujar Arbani, STP.

Adapun Kelompok Tani yang akan melaksanakan kegiatan tanam cabe rawit yaitu Kecamatan Kuranji sebanyak 3 Kelompok Tani, Kecamatan Sungai Loban sebanyak 1 Kelompok Tani, Kecamatan Kusan Hulu sebanyak 1 Kelompok Tani, dan Kecamatan Satui sebanyak 1 Kelompok Tani.

Sedangkan untuk tanaman cabe merah yaitu Kecamatan Mantewe 1 Kelompok Tani, Kecamatan Karang Bintang 3 Kelompok Tani, Kecamatan Kusan Hulu 2 Kelompok Tani, Kecamatan Satui 3 Kelompok Tani, dan Kecamatan Kusan Hilir 1 Kelompok Tani. (relhum)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved