Home » » Dalam Waktu Dekat Jembatan Lintas Kecamatan Akan Diperbaik

Dalam Waktu Dekat Jembatan Lintas Kecamatan Akan Diperbaik

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 24 Juni 2015 | 11.06

Uji (35) warga dusun Ringkit kecamatan Kusan Hulu menyayangkan sikap lambannya pihak kontraktor menyelesaikan pengerjaan rehab jembatan yang berada di poros jalan Ringkit Anglay yang menghubungkan Kecamatan Kusan Hulu menuju Kecamatan Kuranji. 

Jembatan yang dibongkar sejak sekitar tiga bulan lalu hingga kini dibiarkan menganga mangkrak tanpa ada dinding penghalang yang kerap pula menyebabkan kecelakaan bagi pengguna jalan meskipun tidak sampai menghilangkan nyawa.

"kalau hujan lebat, airnya meluap anak anak sekolah yang lewat menggunakan motor sering kecebur, karena licin jalan setapak yang ada disampingnya juga rusak. meski belum ada menelan korban ‎jiwa tetap saja membuat khawatir" ujar Uji.

Uji bersama warga lainnya sangat berharap agar pembangunan jembatan ditempat itu dapat diselesaikan dalam waktu dekat ini‎. Dituturkannya setiap selesai hujan, warga beramai ramai menguras jembatan tersebut agar tidak menelan korban.

‎sementara dari data yang ada di Dinas Pekerjaan Umum (DPU) jembatan yang ada dikawasan jalan provinsi  tepatnya di empat kecamatan, yakni Kecamatan Simpang Empat, Kecamatan Satui, Kecamatan Sungai Loban dan Kecamatan Karang Bintang  Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) akan mulai direhab usai lebaran.

 "Setidaknya  3 bulan setelah lebaran, ditargetkan   sudah selesai pekerjaannya," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tanbu Roy Rizali Anwar ST, saat menggelar rapat rencana pekerjaan  jembatan tersebut di aula PU setempat belum lama tadi.

Roy menjelaskan, Pemerintah  telah  menyiapkan dana  pekerjaan jembatan yang bersumber dari  APBN senilai 6,3 milyar. Dengan dana tersebut akan digunakan untuk biaya pemeliharaan  3 buah jembatan, diantaranya jembatan Sungai Danau, Jembatan Betung  Kecamatan Kusan Hilir, sekaligus dipergunakan  untuk biaya rehab 2 buah  jembatan yang ada di wilayah Kecamatan Simpang Empat.

Dikesempatan rapat tersebut, pihak DPU setempat juga merumuskan bersama pihak kontraktor pemenang tender yakni PT Panji Bangun Persada. Khusus pembangunan  dua jembatan  di  Kecamatan Simpang Empat, perlu adanya antisipasi kemungkinan yang akan terjadi  saat akan dimulainya pekerjaan.

Masih menurut Roy, jika pembangunan dimulai, maka arus lalu lintas dan beberapa kepentingan warga disekitarnya dipastikan terganggu. Mengingat, dari dua buah jembatan di wilayah tersebut, sangat berdekatan dengan pemukiman dan pertokoan.

"Melalui gelar rapat ini, kami  sengaja menghadirkan pihak terkait, dengan tujuan mencari solusi terbaik, sehingga saat dimulainya pembongkaran jembatan tersebut, tidak  ada warga dirugikan akibat pelaksanaan pembangunannya  berlangsung," pinta Roy.

Begitu juga dengan arus lalu lintas yang terputus, pihak DPU mengharapkan kepada pihak Satuan lalu lintas (Satlantas) bersama Dinas Perhubungan setempat untuk  memberikan tanda jalur alternatif yang akan diikuti pengguna jalan.

Roy mengharapkan, sebelum pelaksanaannya dimulai, perlu adanya sosialiasi kepada warga oleh Kepala Desa maupun RT setempat, dimana saat pembongkaran maupun pembuatan  jembatan nanti, tidak ada batas kepemilikan warga yang dirugikan.

Ditambahkannya, untuk pekerjaan  jembatan di kawasan Kecamatan Satui sudah berlangsung. Ada sebagian ruas jembatan yang tidak difungsikan, pasalnya ada beberapa elemen  struktur baja yang sudah tidak layak, untuk  segera diperbaiki. Sehingga tidak menambah kerusakan jembatan yang lebih parah lagi.

Ditempat terpisah, Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming sangat mendukung adanya perbaikan jembatan tersebut, mengingatkan kondisi  jembatan yang mulai rusak, dikhawatirkan kedepannya akan terjadi kerusakan yang lebih parah lagi. 

Dia mengharapkan kepada masyarakat agar mendukung proses renovasi jembatan tersebut. "Semua berharap pembangunannya selesai sesuai yang ditargetkan. Sehingga arus lalu lintas dan kepentingan masyarakat lainnya kembali berjalan normal," pungkas Bupati. 

Sementara untuk jembatan di Ringkit akan segera dikerjakan, tinggal menunggu gilirannya. maklum tukangnya masih mengerjakan jembatan di kecamatan yang lainnya, tutur Roy.(Ley)



Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved