Home » , » 85 Persen Rumah Tangga Manfaatkan Lahan Pekarangan

85 Persen Rumah Tangga Manfaatkan Lahan Pekarangan

Written By Fokus Batulicin on Jumat, 24 Juli 2015 | 15.20

BATULICIN – Sekitar 85 persen rumah tangga yang berada di kawasan Desa Batulicin Irigasi, Kecamatan Karang Bintang saat ini mulai sadar akan pentingnya memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk ditanami berbagai jenis tenaman produktif.
Demikian disampaikan oleh Ketua Tim Penggerak PKK (TP-PKK), Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Hj Erwinda Mardani dalam acara penilaian lomba Halaman Teratur dan Nyaman (HATINYA) PKK tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) di Desa Batulicin Irigasi, Kecamatan Karang Bintang, Kabupaten Tanbu, belum lama tadi.
Penilaian lomba HATINYA-PKK sekaligus juga dirangkai dengan sejumlah penilaian lomba desa yang lain yaitu lomba Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan lomba Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA).
Tim penilaian lomba dipimpin langsung Sekretaris TP-PKK Kalsel, Hj. Isnaina Arbainsyah dengan didampingi oleh sejumlah petugas dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Tanbu.  
Hj Erwinda Mardani, menyambut baik kedatangan tim penilaian lomba tersebut. Proses penilaian lomba diharapkan jadi wahana bagi masyarakat Tanbu untuk menambah wawasan dalam upaya mengelola lahan pekarangan rumah agar lebih bermanfaat.
"Sehingga menjadi salah satu alternatif tambahan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan keluarga," jelas Erwinda Mardani.  
Erwinda menambahkan, soal upaya pemanfaatan lahan pekarangan rumah hakekatnya selama ini pemerintah daerah bersama PKK selalu gencar melaksanakan pembinaan ke desa-desa.
Hasilnya pun saat ini cukup menggembirakan, seiring banyaknya masyarakat yang mulai sadar akan pentingnya memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk ditanami jenis tanaman sekaligus usaha perikanan dan peternakan sebagai penunjang memenuhi kebutuhan keluarga.    
Terkait upaya penilaian lomba itu sendiri, jelas Erwinda, juga menjadi salah satu bagian kinerja pemerintah daerah untuk dapat memotivasi masyarakat perdesaan agar lingkungan tempat tinggal mereka menjadi lebih bersih dan sehat.
Kondisi ini diharapakan akan tetap terjaga demi mendorong terwujudnya generasi anak bangsa yang sehat dengan kehidupan keluarga yang lebih sejahtera.  
"Kesehatan keluarga juga menjadi perhatian serius bagi pemerintah daerah. Cita-cita ini sinergis dengan visi-misinya selama ini yang menginginkan terwujudnya masyarakat yang sehat, cerdas, dan berkualitas atau berdaya saing tinggi," kata Erwinda di saat mengakhiri sambutanya dalam acara tersebut. (relhum)
Keterangan :
FOTO 1. Ketua TP PKK Tanbu Hj Erwinda (baris ketiga dari kiri) bersama dengan Tim Penilai Lomba dari Provinsi Kalsel saat melihat hasil tanaman pekarangan dirumah salah satu warga Desa Batulicin Irigasi.
FOTO 2. Foto bersama TP PKK Tanbu dan Tim Penilai Lomba pada saat melakukan penilaian di Desa Batulicin Irigasi Kecamatan Karang Bintang.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved