Home » , , » KPU TANAH BUMBU TERIMA PENDAFTARAN TIGA CABUP

KPU TANAH BUMBU TERIMA PENDAFTARAN TIGA CABUP

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 29 Juli 2015 | 09.50

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menerima pendaftaran tiga pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada Desember 2015.
"Hari pertama dan kedua, kami menerima dua pasangan bakal cabup dan cawabup yang datang secara bergiliran, sedangkan untuk hari ketiga ada satu bakal yang mendaftar," kata Ketua KPU Kabupaten Tanah Bumbu Samsani di Batulicin, Rabu.
Ia mengatakan, tiga pasangan bakal cabup dan cawabup yakni Mardani H Maming-Sudian Noor yang maju melalui jalur partai datang ke KPU pada Minggu (26/7) pukul 14.00 Wita, Abdul Hakim-Gusti Chapizi yang maju melalui jalur independen dan mendaftar pada Senin (27/7), dan Difriadi Darjat-H.Tandrang mendaftar pada Selasa (28/7).
"Ketiga pasangan bakal cabup dan cawabup sudah menyerahkan berkas dukungan masyarakat bagi bakal calon perseorangan dan dukungan partai bagi yang diusung parpol," kata Samsani.
Berkas dan dokumen pendaftaran yang diterima dari tiga bakal calon akan diverifikasi dan jika terdapat kekurangan maka pasangan bakal calon diminta melengkapi.
Pihaknya sudah menyiapkan tim yang bertugas memeriksa kelengkapan berkas dan dokumen.
Jika lengkap maka tinggal menunggu penetapan calon pada 24-26 Agustus 2015.
Pasangan Mardani-Sudian didukung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), Hati Nurani Rakyat (Hanura), Nasional Demokrat (NasDem), Demokrat, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).
"Dari partai pendukung tersebut yakni PDI-P memiliki 10 kursi, PKB lima kursi, Hanura dua kursi, NasDem tiga kursi, PPP satu kursi, Demokrat tiga kursi dan PAN dua kursi, total 26 kursi dari 35 kursi di DPRD Tanah Bumbu," kata Samsani.
Sedangkan pasangan Abdul Hakim-Gusti Chapizi jalur independen sudah melengkapi persyaratan 28.503 Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan lulus Ferivikasi faktual menjadi 27.445 KTP.
"Dari jumlah 27.44 tersebut sudah mencukupi persaratan bagi tim independen karena syarat minimalnya 25.997 KTP," katanya.
Untuk pasangan Difriadi Darjat-H.Tandrang diusung oleh partai Gerindra yang memiliki lima kursi dan Partai Golkar kubu Aburizal Bakrie yang memiliki dua kursi di DPRD Tanah Bumbu. Namun sayangnya, oleh KPUD Tanah Bumbu menyatakan "TMS" atau tidak mencukupi syarat pendaptaran. Lantaran berdasarkan aturan PKPU no 12 Tahun 2015 menyatakan dengan tegas bahwa untuk pengusungan calon oleh atau melalui Parpol bersengketa kepengurusan harus memiliki persetujuan oleh kedua kepengurusan kepada satu pasangan yang sama. Jika hanya satu saja maka dinyatakan tidak syah.
"Untuk itu kami atas nama KPU menyatakan hanya dua Kandidat yang pasti akan bertarung maju dalam pencalonan Kepala Daerah di Tanah Bumbu. Karena Pasangan Difriadi dan Andi Tandrang hanya memiliki dukungan Gerindra dan Golkar kubu ARB saja" ujar Ketua KPU D Tanbu Drs. Samsani. M.Hum. (Ley)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved