Home » , » Pemkab Tanbu Gelar Pasar Tani

Pemkab Tanbu Gelar Pasar Tani

Written By Fokus Batulicin on Minggu, 30 Agustus 2015 | 17.15

BATULICIN-Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan  (BP4K) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) mengelar Pasar Tani usai melaksanakan senam pagi, di halaman Kantor Bupati, Jumat(28/8).
Gelar tersebut tergabung dalam  beberapa SKPD setempat  yang terkait  seperti halnya Dinas Prikanan dan Kelautan, Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Dinas Prindakop dan Perdagangan.
Masing masing SKPD tersebut memiliki binaan masing masing berupa kelompok yang menjadi peserta gelar pasar Tani tersebut.
Kepala BP4K setempat H. Mustaing mengatakan tujuan digelar Pasar Tani, untuk memperkenalkan hasil produk masyarakat dan hasil panen para pertani maupun hasil pertanian Kabupaten Tanbu.
"Disini masyarakat yang memproduksi produk serta para petani dan tangkapan nelayan dapat lansung memasarkan hasilnya ke masyarakat. Dan dijual dengan harga pasar, sehingga mereka akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar," kata Mustaing.
Selain itu katanya,  Pasar Tani, dapat mendekatkan para petani dengan masyarakat, sebab jual beli tanpa perantara. Keuntungan yang didapat petani pun bisa lebih besar dibandingkan harus dijual dulu ke pengepul.
"Kebetulan  pasar Tani ini berada di lokasi perkantoran, maka pembeli  yang dominan adalah pegawai, namun  gelar ini juga tidak menutup pembeli selain pegawai," jelasnya.
Sementara itu, berbagai hasil perkebunan yakni sayuran, buah-buahan dan hasil dari home industri perikanan seperti pentol, maupun ikan segar dan lainnya di jual di Pasar Tani.
Hanya dalam waktu singkat berbagai produk makanan, terutama hasil pertanian seperti sayuran, buah-buahan serta makanan laris habis terjual.
Seperti yang dituturkan  Mursidah salahsatu PNS  setempat. Digelarnya Pasar Tani ini  cukup memberikan kemudahan bagi pegawai. "Sehubungan bertepatan hari jumat yang merupakan waktu pendek, setidaknya kami tidak perlu kepasar untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga,"Ungkapnya.
Sebelum gelar dibuka, Assisten Bidang Perekonomian Ir. H. Riduan mengatakan. Pasar Tani ini merupakan simbol dari pemanfaatan sumber kekayaan yang dimiliki Kabupaten Tanah Bumbu.
"Melalui Pasar Tani ini diharapkan gelar ini akan terus dilestarikan,  tidak saja di lokasi perkantoran, namun juga harus digelar di tengah umum, diharapkan gelar ini akan menjadi ikon Bumi Bersujud sebagai wadah pemasaran  atas sumberdaya alam yang kita miliki,"pungkas Riduan.
(Humas)
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

17 Agustus 2016 17.23

alhamdullilah,,,kotabaru dan batulicin terus berbenah dan berkembang....teriring doa untuk segenap unsur yg terlibat dalam pembangunan kota tsb sehat dan sukses selalu.

salam
Ahmad Yani
www.borneosolarcell.blogspot.com
>>>pusat listrik tenaga matahari terbesar di kalsel-teng<<<
mobile.0811-5121-599

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved