Home » , , » Penetapan Pasangan Calon Bupati, Diwarnai Aksi Unjuk Rasa Damai

Penetapan Pasangan Calon Bupati, Diwarnai Aksi Unjuk Rasa Damai

Written By Fokus Batulicin on Senin, 24 Agustus 2015 | 12.34

"Saya sangat berterima kasih dan menghargai temuan kawan kawan LSM yang menemukan adanya kejanggalan dilapangan. Ini merupakan teguran atas kinerja kami," ujar Ketua KPUD Tanbu, Drs Samsani saat bertemu muka dengan koordinator aksi massa gabungan LSM PETA,  Senin (24/08/15) ditengah kegiatan penetapan pasangan calon yang bakal maju dibursa PILKADA Tanah Bumbu mendatang, bertempat di Aula Gedung Mahligai Bersujud Kapet.
Sebelumnya, sebanyak 4 Ormas yaitu dari LSM PETA, GEPAK, DAD dan Garda Nusantara bersama puluhan massa nya berunjukrasa meminta transparansi kinerja KPUD agar tidak melakukan penetapan Pasangan Calon Bupati, karena adanya indikasi penyimpangan yang mereka temukan.
"Berita acara di PPS Sei Danau menyatakan tidak ada verifikasi. Jadi kami meminta pihak KPUD untuk menunda pengumuman hasil penetapan Pasangan Calon," pinta salah seorang Tokoh Ormas.
Menanggapi hal itu, Samsani mengatakan akan mempelajari dan meminta pihak Panwas untuk menindaklanjutinya.
"Jika KPUD salah, silakan bawa kejalur hukum, atau dilanjutkan ke PTUN nantinya, namun yang jelas kami sudah menjalankan sesuai aturan yang ada," jawab Samsani.
Masih menurut Samsani, saat menerima berkas dugaan temuan penyimpangan tersebut mengatakan, semuanya nanti akan dijawab di Persidangan. Hal itu akan dikaji sesuai aturan yang berlaku dan diuji dipersidangan.
Aksi unjukrasa yang digelar di 3 tempat, yakni di Kantor Panwaslu, Kantor KPUD dan dihalaman Gedung Mahligai Bersujud KAPET berjalan aman dan kondusif dibawah pengawalan ratusan personil Polres Tanah Bumbu.
Sementara itu, melalui rapat Plenonya  Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tanah Bumbu akhirnya menetapkan 2 Pasangan Calon Kepala Daerah untuk mengikuti Pilkada Kabupaten Tanah Bumbu pada 9 Desember 2015 mendatang, Senin (24/8/15).
Dengan dikawal ketat puluhan Aparat Keamanan dari Polres dan Kodim 1022 Tanah Bumbu, penetapan Calon Kepala Daerah berlangsung mulus di gedung Mahligai Bersujud, Komplek Kapet Batulicin, di Simpang Empat.
Calon yang ditetapkan oleh KPUD Tanah Bumbu adalah Pasangan Mardani H Maming dan H. Sudian Noor (Dani - Dian) dan Pasangan Abdul Hakim dan Gusti Hafizi atau 2H (Hakim - Hafizi).
Sementara itu diluar gedung Mahligai Bersujud terjadi Unjukrasa penyampaian aspirasi oleh Ormas PETA (Pembela Tanah Air) yang berasal Kecamatan Satui yang dimotori oleh Agus Rismaliannoor.
(M12)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved