Home » » Relawan TIK Tanbu Ikuti Pelatihan SIDeKa Di Jogyakarta

Relawan TIK Tanbu Ikuti Pelatihan SIDeKa Di Jogyakarta

Written By Fokus Batulicin on Selasa, 01 September 2015 | 09.07

BATULICIN-Sejumlah 7 orang Relawan Tekhnologi Informasi Komunikasi( TIK) Kabupaten Tanah Bumbu berkesempatan mengikuti semiloka pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDeKa)
Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa di Hotel Eastparc Jogyakarta selama 4 hari dimulai 24 hingga 28 Agustus kemarin.
Selain Kabupaten Tanah Bumbu pelatihan  ini juga diikuti sekitar 100 peserta dari berbagai propinsi dan Kabupaten di indonesia diantaranya Kabupaten Kotabaru, propinsi Sulawesi Tengah, Propinsi Papua serta Kalimantan Tengah.
Tujuan pelaksanaan pelatihan SIDeKa ini adalah menyiapkan sumber daya manusia sebagai pandu desa untuk mendampingi dan menyiapkan sumberdaya manusia lokal dalam desa tersebut guna menerapkan sistem informasi desa sesuai amanat dalam UU Desa No.6 Tahun 2014.
Sehingga nantinya  tiap desa mampu menerapkan sistem informasi desa sebagai bentuk kemandirian database desa, pemetaan potensi dan kekayaan desa, media transparansi dalam pelaksanaan pemerintahan desa serta untuk memberikan layanan terpadu kepada masyarakat desa.
Melalui SIDeKa ini diharapkan pembangunan desa yang berbasis tekhnologi informasi desa juga dapat mengakses  permasalahan geografis seperti halnya deteksi  bencana alam dan demografis dalam mengakses data kemiskinan di desa secara tepat dan akurat.
Pelatihan SIDeka diisi dengan pemaparan program pemerintah dari lintas sektoral kementerian yang mengacu kepada pengembangan Sistem Informasi Desa dalam konteks pemberdayaan warga  melalui Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.
Selain itu peserta SIDeKa juga mendapatkan materi sosialisasi dan pendalaman UU Desa No.6 Tahun 2014 yang disampaikan langsung oleh Budiman Sujatmiko salah satu anggota DPR RI
Para peserta SIDeKa juga diberikan bimbingan teknis tentang penggunaan sistem informasi desa berupa penggunaan google drive, google docs, spreadseheet, formulir online dan pelatihan menulis untuk mengisi artikel/berita dalam web.desa.id.
Para peserta terlihat antusias belajar menulis di web.desa. Output pelatihan ini untuk menyiapkan pandu desa agar mampu mensosialisaikan sistem informasi desa dan menyiapkan sumberdaya manusia dari masyarakat lokal desa setempat agar mampu menerapkan SIDeKa kedepannya.
Sementara itu, acara diserta dengan sesi tanya jawab, kemudian di hari terakhir pelaksanaan diadakan diskusi kelompok serta kunjungan lapangan ke Desa Sukoeno Kabupaten Kulonprogo guna melakukan monitoring dan diskusi pemanfaatan di SIDeKa di desa setempat.
(Humas)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved