Home » » Program Kesehatan Tanbu Dapat Perhatian Serius Dari Kemenkes

Program Kesehatan Tanbu Dapat Perhatian Serius Dari Kemenkes

Written By Fokus Batulicin on Rabu, 07 Oktober 2015 | 14.29

BATULICIN – Komitmen Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) dalam mewujudkan realisasi program kesehatan masyarakat yang lebih merata, mandiri, dan berkeadilan sesuai dengan Visi-Misi Dinas Kesehatan (Dinkes) mendapat perhatian serius dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemkes RI).
Tim Verifikasi Kemenkes, Selasa, (6/10/2015) kemarin berkunjung ke Kabupaten Tanbu dalam rangka melakukan verifikasi data dan melihat langsung kenyataan dilapangan terkait program dan kebijakan Pemkab Tanbu bagi masyarakat di Bidang Kesehatan.
Kedatangan Tim Verifikasi ke Tanbu terdiri dari Kepala Pustanserdik Kemenkes, Dra Meinarwati, Apt. M.Kes selaku ketua rombongan dan anggotanya antara lain Ismawiningsing, SKM, MKM, drg Dian Muliani, MPH, Febrina Wulan, SKM, dan Putri Nur Hanifah, SKM disambut oleh Bupati Tanbu Drs. H. Wahyuddin, MAP, Sekda Tanbu Drs. H. Said Akhmad, MM serta Pejabat di lingkungan Pemkab Tanbu.
Kunjungan Tim Verifikasi ke Tanbu juga didampingi oleh Suroto, SKM, M.Kes dari Poltekkes Banjarbaru, Drs. Akhmad Fauzi dan Hendra Fitriadi, SKM dari Dinkes Provinsi Kalimantan Selatan, serta Kepala Loka Litbang P2B2 Tanbu, dr. Hijaz Nuhung, M.Kes.  
Ketua Rombongan Tim Verifikasi,  Dra. Meinarwati, Apt, M.Kes, mengatakan  kedatangan Tim Verifikasi Kemenkes RI ke Tanbu bertujuan untuk melakukan verifikasi dan mendapatkan keterangan langsung dari pemerintah daerah Tanbu, terkait dukungan pemerintah di bidang kesehatan.
Menurut Meinarwati, data-data serta bukti dilapangan yang ditemukan nanti akan dibawa untuk di Ekspose di pemerintah pusat sekaligus sebagai rujukan mendapatkan Penghargaan Manggala Karya Bhakti Husada Tahun 2015 dari Kemenkes RI.
"Penganugerahan Penghargaan Bidang Kesehatan nanti akan diberikan kepada perseorangan maupun institusi yang mendukung penuh program kesehatan melalui berbagai kebijakan-kebijakan yang diambil. Puncak penyerahan piagam akan dilakukan pada saat Peringatan Hari Kesehatan Nasional," katanya.
Dikatakan Meinarwati, selama di Tanbu, dirinya bersama Tim Verifikasi sudah mengunjungi beberapa  tempat pelayan dan kesehatan seperti Puskesmas Satui sekaligus melakukan dialog dengan kepala puskesmas beserta stafnya.
Selanjutnya, mengunjungi Puskesmas Kecamatan Kusan Hilir yang tidak ada satu pun ditemukan adanya keluhan dan pengaduan dari masyarakat terkait layanan kesehatan.  Karena Pemerintah Daerah, telah menggratiskan biaya layanan kesehatan terhadap mereka semua.
Hal lain yang cukup berkesan dirasakan Tim Verifikasi terhadap sistem pelayanan kesehatan di "Bumi Bersujud" adalah terjadwalnya pola kerja bidan yang siaga 24 jam sebagaimana yang terlihat di Poskesdes Mekarjaya. Setiap desa juga memiliki fasilitas Ambulance Desa sehingga lebih mempermudah pelayanan terhadap masyarakat.
"Banyak faktor yang memberikan nilai tambah bagi Tanah Bumbu pada saat verifikasi. Seperti pelayanan kesehatan gratis, adanya ambulance desa, dan tenaga bidan yang selalu siap siaga di  Poskesdes," kata Meinarwati seraya mendukung penuh terhadap Pemkab Tanbu yang saat ini juga dapat merealisasikan program "Satu Milyar Satu Desa" melalui APBD  sehingga layanan kesehatan terhadap masyarakat bisa lebih meningkat.
Terkait hal itu, Penjabat (Pj) Bupati Tanbu, Drs. H. Wahyuddin, MAP telah menyambut baik atas  kedatangan tim verifikasi dari Kemenkes yang secara langsung dapat melihat layanan kesehatan di masyarakat.
Melalui kunjungan tersebut diharapkan dapat memotivasi aparatur Pemkab Tanbu dan jajaran tenaga kesehatan untuk lebih meningkatkan kontribusi  terhadap pelayanan di bidang kesehatan sehingga berdampak langsung pada derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di Bumi Bersujud.
Wahyuddin juga berharap, kedatangan Tim dari Kemenkes dapat memberikan masukan dan inovasi baru kepada pemerintah daerah.  Sehingga kedepanya sistem layanan kesehatan di Tanbu menjadi lebih baik lagi.
Kepala Dinkes Tanbu, H.M. Damrah, S.Sos, M.Si mengatakan  Kabupaten Tanbu merupakan satu-satunya wilayah di Provinsi Kalimantan Selatan yang mendapat kunjungan dari Tim Verifikasi Lapangan Kementerian Kesehatan sebagai Calon Penerima Penghargaan Manggala Karya Bhakti Husada.
"Program layanan kesehatan di Tanbu juga di bantu oleh SKPD lain seperti TP PKK, Kantor Ketahanan Pangan Daerah melalui Lomba Menu Makanan Bergizi dan Sehat, Badan Keluarga Berencana dan Perlindungan Anak, Disporabudpar, BKD dan sejumlah SKPD lainnya," kata Damrah. (adv/relhum)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | PT. MEDIA FOKUS BATULICIN | TANAH BUMBU
Copyright © 2011. FOKUS BATULICIN - All Rights Reserved